Beranda NEWS MOMENT Kehilangan Ratusan Pegawai Setiap Tahun, Trenggalek Terancam Kekurangan ASN/PNS

Kehilangan Ratusan Pegawai Setiap Tahun, Trenggalek Terancam Kekurangan ASN/PNS

2012

TRENGGALEK, bioztv.id – Jumlah aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten Trenggalek dari tahun ke tahun diketahui terus terusan berkurang. Pasalnya, dalam setiap tahun pegawai yang memasuki masa pensiun dan yang mengajukan pensiun dini maupun pindah tugas ke luar kota, bisa mencapai angka 300 sampai 400 pegawai dalam setiap tahunnya.

Berdasarkan data yang dihimpun Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Trenggalek, Hingga akhir tahun 2017 ini jumlah ASN di Trenggalek tercatat ada 7.993 pegawai, sementara itu jumlah tersebut dipastikan akan terus berkurang seiring masa pensiun maupun pindah tugas luar kota ASN.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Trenggalek, Pariyo menjelaskan, Pada tahun tahun sebelumnya jumlah ASN yang memasuki masa pensiun maupun pension dini antara 300 sampai 400 pegawai dalam setiap tahunnya, Sementara itu peningkatan jumlah pegawai yang pensiun juga akan terjadi pada tahun 2020 mendatang, yang mendekati angka 600 pegawai pensiun.

Mengingat jumlah ASN di Trenggalek terus terusan berkurang dan tak kunjung ada penambahan, hal ini akhirnya berdampak terhadap kekosongan jabatan pada beberapa instansi yang ada di kabupaten Trenggalek. Sehingga untuk mengisi kekosongan jabatan tersebut, BKD Trenggalek hanya bisa memanfaatkan tenaga yang ada melalui pelaksana tugas atau PLT.