Beranda NEWS MOMENT Kasian, 97 % Dari Ribuan Tukik Yang Dilepas Ini Akan Menemui Ajalnya...

Kasian, 97 % Dari Ribuan Tukik Yang Dilepas Ini Akan Menemui Ajalnya Di Laut Bebas

453

TRENGGALEK, bioztv.id – Ribuan tukik yang baru saja di lepas ke laut oleh sejumlah penggiat lingkungan hidup dan pelajar di Tman Kili Kili kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek, Dipastikan banyak yang akan mati, Pasalnya berdasarkan penelitian, hanya ada sekitar 3 persen saja  tukik yang mampu bertahan hidup dialam bebas hingga usia dewasa.

Kemampuan bertahan hidup anak penyu atau tukik di lautan lepas cukup memprihatinkan. Dari 1.000 tukik yang dilepas ke laut, Diperkirakan hanya akan ada sekitar 30 ekor saja, atau sekitar 3 persen yang mampu bertahan hidup lebih lama hingga tumbuh dewasa. Saat dilepas dilaut bebas, Tukik akan menjadi santapan ikan-ikan besar dan predator lainnya.

Seperti yang disampaikan oleh Eko Margono, Sekretaris POKMASWAS Konservasi Penyu Taman Kili Kili Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Pihaknya menjelaskan bahwa paling banyak hanya akan ada sekitar 3 persen saja tukik yang mampu bertahan hingga dewasa, Oleh karena itu perkembang biakan penyu sangat lambat dan rawan punah jika tidak dilestarikan.

Meski peluang hidup anak penyu di laut bebas sangatlah tipis, namun melalui konservasi penyu di kili kili yang rutin menangkarkan tukik  dan melepaskannya kembali ke laut ini, diharapkan bisa menangkal penyu dari kepunahan, dan bisa membantu pertumbuhan penyu yang lebih baik lagi.