Beranda NEWS MOMENT Menelusuri Jejak Dramatis Pelajar Trenggalek Pergi Sekolah Seberangi Sungai Naik Pohon Pisang

Menelusuri Jejak Dramatis Pelajar Trenggalek Pergi Sekolah Seberangi Sungai Naik Pohon Pisang

1151
BERBAGI

TRENGGALEK – bioz.tv – Kisah dramatis dialami sejumlah pelajar tingkat dasar asal dusun Pucung Desa Sukorejo Kecamatan Gandusari Jawa Timur, Untuk pergi ke sekolah mereka harus bertaruh nyawa menyusuri derasnya arus aliran sungai Tawing, menggunakan Pohon Pisang atau gedebok.

Menyusuri jalan becek dan licin dibawah rerumpunan bambu yang rindang, Kemudian menaiki rakit atau getek yang terbuat dari Pohon Pisang untuk meyeberangi sungai, menjadi rutinitas yang setiap hari di jalani oleh sejumlah Pelajar tingkat dasar, Madrasah Ibtidaiyah atau MI Nurul Huda yang asal Dusun Pucung Desa Sukorejo Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek Jawa Timur. Kegiatan tersebut sudah dilakukan para pelajar sejak lima bulan terakhir, Yaitu semenjak jembatan di daerahnya hanyut terbawa banjir bandang pada beberapa waktu lalu.

Dengan dibantu sejumlah warga dusun Pucung, anak anak siswa madrasah Ibtidaiyah ini memberanikan diri menaiki getek atau rakit yang terbuat dari Pohon Pisang dalam setiap harinya, Meski bahaya mengancam, namun para pelajar ini memberanikan diri untuk melawan rasa takut dengan nekat melakukan penyeberangan agar bisa masih sekolah, Setelah beberapa bulan menjalani rutinitas yang membahayakan ini, Para pelajar mengaku merasa terbiasa meski bahaya terus mengancam.

Salah satu kendala serius para pelajar saat melakukan penyeberangan ini yaitu datangnya banjir, Pasalnya saat banjir datang, mereka tidak berani menyeberangi sungai menggunakan Pohon Pisang Ini,  Sementara itu untuk jalur alterative lain mereka harus memutar arah dengan jarak tempuh yang lebih jauh, Sehingga tak jarang Pelajar memilih untuk tidak masuk sekolah saat banjir ataupun Hujan turun.

Para Pelajar di kawasan ini berharap agar pemerintah setempat segera membangunkan jembatan di daerahnya, agar aktivitas mereka ke sekolah bisa kembali lancar seperti biasa.

https://youtu.be/ZfSDwyDefNs