Beranda Business Cara Unik Membuat Minuman Segar Masa Kini, Es Cendol Ikan Lele

Cara Unik Membuat Minuman Segar Masa Kini, Es Cendol Ikan Lele

778

TRENGGALEK, bioztv.id – Tidak selamanya ikan segar hanya bisa diolah menjadi lauk pauk atau makanan ringan, ditangan tangan orang yang kreatif, ternyata ikan segar jenis lele juga bisa diolah menjadi olahan minuman segar bergizi berupa es cendol ikan lele. Mau tau bagaimana cara membuatnya, yuuk intip penelusurannya berkut ini.

Seperti inilh proses pembuatan es cendol dengan bahan baku ikan lele yang dilakukan oleh pasaangan suami istri sri utam dan dedi, yang merupakan salah satu pengusaha olahan ikan asal Trenggalek, Untuk bisa membuat es cendol ikan lele ini langkah pertama yang harus dilakukan yaitu mencuci dan menguliti ikan lele hingga bersih, kemudian diambil dagingnya dan di cuci menggunakan air es hingga bau amisnya hilang.

Setelah daging ikan lele benar benar bersih dan siap diolah, proses selanjutnya menyiapkan tepung dan pewarna makanan berupa pandan wangi, kemudian bahan bahan tersebut dicampur menggunakan air secukupnya hingga merata. Setelah itu adonan tersebut di panaskan menggunakan panic atau wajan diatas kompor hingga matang dan siap untuk dicetak menjadi buih buih cendol yang kenyal dan nikmat.

Untuk tahap final dari pembuatan es cendol ini adalah meraciknya menjadi sabuah racikan minuman segar yang nikmat, pada proses ini cendol yang sudah selesai dibuat, kemudian dicampur dengan air gula atau madu, santan dan ditambahkan es batu agar lebih segar.

Menurut Sri utami,  salah satu proses yang harus lebih diperhatikan saat membuat cendol ikan lele adalah proses peghilangan bau amis pada ikan lele tersebut, pasalnya jika bau amis masih ada, maka rasa cendolnya juga tidak enak, sehingga dirinya harus memastikan darah pada ikan lele benar benar bersih.

Sementara itu Dedi juga menjelaskan, selain memastikan daging terbebas dari darah ikan, untuk menghilangkan bau amis, dirinya harus mencuci daging ikan lele ini menggunakan air es minimal hingga 5 kali proses pencucian, sehingga daging ikan lele benar benar terbebas dari bau amis dan siap diolah menjadi minuman.

Perlu diketahui bahwa, es cendol ikan lele ini juga dipercaya mengandung banyak gizi yang baik bagi anak anak maupun orang dewasa, Untuk harga jual dari es cendol ikan lele ini sri utami da dedi hanya membandrol harga 5.000 rupiah setiap porsinya, sedangkan untuk proses pemasarannya, pengusaha rumahan ini hanya mengandalkan pesanan dari warga yang datang ke tempatnya saja.