Beranda Business Unik, Segar & Bergizi, Inilah Kuliner Masa Kini Es Cendol Dari Ikan...

Unik, Segar & Bergizi, Inilah Kuliner Masa Kini Es Cendol Dari Ikan Lele Segar

571

TRENGGALEK, bioztv.id – Ada ada saja inovasi kuliner masa kini yang unik bergizi, seperti yang dilakukan salah satu ibu rumah tangga asal Trenggalek ini, dirinya sukses kembangkan bisnis kuliner es cendol dengan bahan dasar ikan lele. Penasaran dengan rasa dan cara pembuatanya,  yuuk intip liputannya berikut ini.

Ikan lele yang biasanya hanya diolah menjadi lauk pauk atau olahan makanan ringan lainnya, terbukti bisa juga diolah menjadi olahan minuman segar yang nukmat dan bergizi. Hal tersebut sudah dibuktikan oleh pasangan suami istri asal Trenggalek, sri utami dan dedy yang sukses membuat olahan es cendol dengan bahan baku ikan lele.

Untuk membuat es cendol dengan bahan dasar ikan lele ini prosesnya hampir sama dengan membuat es cendol pada umumnya, hanya saja adonan tepung cendolnya di tambahkan campuran berupa daging ikan lele segar yang sudah di haluskan,  kemudian diaduk hingga merata. Selanjtnya adonan tersebut dipanaskan di atas kompor sambil diaduk aduk hingga matang. Setelah matang kemudian dicetak menggunakan cetakan cendol.

Berdasarkan pengakuan Sri utami, ide membuat es cendol dari bahan ikan lele ini berawal dari kondisi  kedua anaknya yang tidak suka makan dengan lauk ikan lele, sehingga dirinya langsung bereksperimen membuat olahan lele dalam sajian yang unik dan disukai anak anak, berupa olahan lele menjadi es cendol.

Sementara itu Dedi juga menerangkan, dalam proses pembuatan es cendol ini dirinya juga menggunakan pewarna alami dari pandan wangi, sedangkan untuk menghilangkan bau amis pada ikan, dirinya hanya memanfaatkan air es untuk mencuci hingga daging ikan lel tidak berbau.

Untuk harga jual dari es cendol ikan lele ini sri utami da dedi hanya membandrol harga 5.000 rupiah setiap porsinya, sedangkan untuk proses pemasarannya, pengusaha rumahan ini hanya mengandalkan pesanan dari warga yang datang ke tempatnya saja.