Beranda Business Cara Mudah Membuat Kerajinan Patung Dari Nasi Basi & Kertas Kardus Bekas

Cara Mudah Membuat Kerajinan Patung Dari Nasi Basi & Kertas Kardus Bekas

710

TRENGGALEK, bioztv.id – Nasi sisa dan sampah kertas yang biasanya di buang sia sia, ditangan orang orang kreatif ternyata bisa di manfaatkan menjadi sebuah karya berupa kerajinan patung unik yang indah dan tahan lama. Mau tahu seperti apa cara membuatnya ?, yuk intip liputannya berikut ini.

Setelah nonton video liputan ini mungkin anda akan berfikir dua kali untuk membuang nasi sisa maupun sampah kertas yang ada di rumah, karena nasi sisa yang diolah dan aduk dengan kerta sakan menjadi adonan yang bisa di gunakan sebagai bahan utama untuk membuat patung dan kerajinan lain yang indah.

Berdasarkan keterangan salah satu pengrajin, Untuk bisa membuat kerajinan patung unik ini, bahan bahan yang harus disediakan adalah nasi sisa yang sudah tidak di makan dan kertas bekas, kertas tersebut bisa berupa kardus maupun kertas lainnya.  Untuk memulai proses pembuatan patung dari nasi sisa ini langkah pertama yang harus dilakukan  adalah menjemur nasi sisa tersebut hingga kering. Setelah itu nasi kering tersebut diaduk dengan air secukupnya, dan diperas untuk diambil airnya kemudian dicampur dengan kertas bekas, selanjutnya bahan bahan tersebut ditumbuk hingga halus dan menjadi adonan sebagai bahan utama untuk membuat patung.

Setelah bahan utama jadi, proses selanjutnya yaitu merangkai bahan tersebut menjadi patung sesuai pola dan keinginan hingga selesai. Sedangkan untuk proses finishing dilakukan pewarnaan menggunakan pewarna alami dari dedaunan seperti halnya daun tembakau dan limbah baterai bekas.

Lebih lanjut pengrajin patung nasi basi yang saat ini masih mendekam di rutan kelas 2 B Trenggalek, Kholil menerangkan, Hingga saat ini sudah ada banyak kerajinan patung dari nasi sisa yang dibuatnya, beberapa diantaranya adalah patung naga rajawali, Naga Terbang, Lambang Cinta, Tugu Paerguruan, Patung ayam dan berbagai bentuk kerajinan lainnya. Dari hasil karyanya ini dirinya hanya mematok harga yang cukup murah, yaitu antara 35.000 hingga 100.000 rupiah setiap unitnya, tergantung dari jenis patung, kerumitan dan ukurannya.

Dengan memanfaatkan nasi sisa dan sampah kertas menjadi sebuah kerajinan ini, otomastis akan mengurangi jumlah timbunan sampah yang terbuang sia sia, jika bisa di jadikan barang yang lebih bermanfaat, tidak selamaya sampah harus berakhir di tempat pebuangan kan ?. Bagaimana pemirsa ?, setelah tahu manfaat dan cara mengolahnya, apakah kamu masih akan membuang sia sia nasi sisa dan sampah kardus ataupun kertas yang ada di rumahmu ?.