Beranda Advetorial Mas Ipin, Ditengah Pandemi Corona Pertumbuhan Investasi UMKM Trenggalek Naik 30 Kali...

Mas Ipin, Ditengah Pandemi Corona Pertumbuhan Investasi UMKM Trenggalek Naik 30 Kali Lipat

358

TRENGGALEK, bioztv.id – Calon bupati petahana bersyukur atas pencapaiannya dalam menumbuhkan perekonomian ditengah pandemic covid-19 ini. Pasalnya, pertumbuhan investasi UMKM di Trenggalek selama kurun waktu Januari hingga Agustus kemarin justru mengalami pertumbuhan hingga 30 kali lipat.

Berdasarkan data yang ada, investasi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Trenggalek dalam kurun waktu bulan Januari hingga bulan Agustus tahun 2020 mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Pertumbuhannya mencapai 30 kali lipat dengan total nilai investasi hampir 30 miliar. Peningkatan itu termasuk ditopang oleh UMKM-UMKM baru yang muncul selama masa pandemi ini.

Calon bupati nomor urut dua, Mochamad Nur Arifin menyampaikan, Ketika banyak orang yang di-PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) akibat dampak Covid-19, mereka banyak yang mendirikan usaha baru. Mereka banyak yang beralih jadi wirausahawan dan ber-UMKM. Kemudian UMKM di Trenggalek menjadi tumbuh.

Selain itu, dampak positif lain pertumbuhan UMKM ini juga disebabkan oleh terbukanya sejumlah lapangan kerja baru di Kabupaten Trenggalek. Sehingga tren peningkatan investasi ini harus terus dikawal.  Apabila kembali terpilih sebagai kepala daerah, pihaknya akan mendampingi para pelaku UMKM untuk meningkatkan kualitas produknya.

Calon bupati petahan juga menambahkan, progres investasi UMKM ini tak lepas dari peran pemerintah. Sejak pertengahan tahun ini, Pemkab Trenggalek menggalakkan program yang memfasilitasi perizinan bagi UMKM tanpa berbelit.

Salah satu caranya yaitu petugas kecamatan datang langsung ke pelaku usaha untuk mendata dan menjelaskan alur perizinan. Kemudian Petugas dari kecamatan yang akan mondar-mandir mengantar berkas syarat perizinan bagi UMKM.