Beranda Tech Entertainment Mengintip Kesakralan Jejak Tradisi Kirab Pusaka Hari Jadi Kabupaten Trenggalek

Mengintip Kesakralan Jejak Tradisi Kirab Pusaka Hari Jadi Kabupaten Trenggalek

664

TRENGGALEK, bioztv.id -Pada 31 Agustus tahun ini, Kabupaten Trenggalek kembali menggelar acara sakral, yang  rutin digelar setiap setahun sekali, Acara tersebut yaitu arak arakan kirab pusaka dan ritual peringatan hari Jadi Kabupaten Trenggalek. Pada tahun 2017 ini usia kabupaten Trenggalek sudah genap 823 tahun.

Prosesi arak arakan kirab pusaka pada peringatan hari jadi kabupaten Trenggalek ini dimulai dari kawasan perbatasan Trenggalek-Tulungagung, tepatnya dari balai desa Kamulan, yaitu tempat dititipkannya pusaka andalan kabupaten Trenggalek. Selanjutnya arak arakan dilakukan dengan mengelilingi kawasan kota hingga sampai di alun alun kabupaten Trenggalek, sementara itu sesampainya di alun alun, pusaka tersebut dibawa ke pendopo kabupaten Trenggalek untuk diserahkan ke bupati dengan cara jalan kaki. Selain mengarak pusaka andalan kabupaten Trenggalek, rombongan kirab juga mengarak tumpeng raksasa komplit dengan sayur dan lauk pauk, sebagai wujud sedekah bumi dan simbol kemakmuran di kabupaten Trenggalek.

Menanggapi prosesi peringatan hari jadi ini, Bupati Trenggalek Emil Elestianto dardak menerangkan, Tradisi ritual peringatan hari jadi ini merupakan suatu kegiatan, sebagai wujud pelestarian tradisi budaya dikabupaten Trenggalek yag sudah lama ada, sehingga tradisi tersebut layak untuk dilestarikan.