Pohon Jati Tumbang Robohkan Tiang Listrik & Rusak Rumah Warga di Karangan Trenggalek

oleh
oleh

TRENGGALEK, bioztv.id – Hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah Kecamatan Karangan, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, pada 26 Februari sore, mengakibatkan sebuah pohon jati setinggi 20 meter tumbang. Pohon tersebut menimpa kabel listrik dan menyebabkan tiang listrik roboh hingga menimpa pagar rumah warga.

Menurut keterangan Hinn Bonke Samaliwu, TRC Pusdalops PB – BPBD Trenggalek, kejadian ini terjadi sekitar pukul 14.00 WIB di Dusun Jeruk RT 14 RW 03 Desa Kedung Sigit. Pohon tumbang tersebut juga mengakibatkan tiang listrik roboh dan menimpa pagar rumah milik Minto, 65 tahun, warga setempat.

Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Trenggalek yang menerima laporan kejadian pohon tumbang ini segera bergerak menuju lokasi untuk melakukan evakuasi.

“Kami menerima laporan sekitar pukul 14.45 WIB dan langsung menuju lokasi kejadian,” ungkap Hinn Bonke Samaliwu.

Proses evakuasi pohon tumbang tersebut melibatkan personel BPBD, TNI, Polri, Satpol PP dan Pemadam Kebakaran, PLN, dan masyarakat setempat.

“Evakuasi berlangsung selama kurang lebih dua jam dan selesai pada pukul 17.05 WIB,” terang Bonke.

Tim BPBD menggunakan mobil TRC dan peralatan yang memadai untuk memotong dan membersihkan material pohon yang tumbang. Petugas menggunakan gergaji mesin untuk memotong batang pohon yang tumbang dan kemudian membersihkan material pohon dari lokasi kejadian.

“Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun, pagar rumah Bapak Minto mengalami kerusakan,” Hata Hinn Bonke. “Berkat kerja sama semua pihak, proses evakuasi dapat berjalan dengan lancar,” imbuhnya.

Bonke menghimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap potensi cuaca ekstrem seperti hujan deras disertai angin kencang.

“Jika melihat pohon yang berpotensi tumbang, segera laporkan kepada pihak terkait agar dapat segera dilakukan tindakan pencegahan,” pesannya.(CIA).