Sejak 2 Bulan Terakhir, 194 KK di Desa Mlinjon Trenggalek DIlanda Kekeringan

oleh
oleh

TRENGGALEK, bioztv.id – Sejak sekitar 2 bulan terakhir, ratusan Kepala Keluarga (KK) di Desa Mlinjon, Kecamatan Suruh, Kabupaten Trenggalek dilanda kekeringan. Sebelum mendapat suplay air bersih, warga sempat manfaatkan air sungai untuk memenuhi kebutuhannya. Jarak sungai ke permukiman warga juga cukup jauh, yakni mencapai 5 Kilometer.

Sedikitnya ada 194 KK di Desa Mlinjon, Kecamatan Suruh yang kesulitan mendapatkan air bersih. Sebelum dilanda kekeringan, warga yang tinggal di dusun Selorejo, Desa Mlinjon memanfaatkan sumur yang berjarak sekitar 1 Kilometer untuk memenuhi kebutuhan air bersihnya. Untuk bisa memanfaatkan air sumur ini warga harus mengantri dengan warga lainnya. Namun saat ini sumur tersebut sudah mengering dan tidak bisa dimanfaatkan.

Salah satu Warga Desa Mlinjon, Ranu menyampaikan, Tanda-tanda kekeringan mulai terjadi sejak bulan Juli lalu, namun warga masih belum melaporkan kondisi tersebut ke pemerintah, dengan asumsi masih bisa mengambil air dari mata air. Kondisi krisis air paling parah terjadi sejak tiga pekan terakhir, sehingga warga meminta bantuan air bersih ke pemerintah daerah.

Ranu juga menambahkan saat ini sudah mulai ada kiriman suplay air bersih dari pemerintah, namun, bantuan air bersih dari pemerintah itu biasanya hanya cukup buat minum dan masak sehari-hari. Kalau untuk mandi dan nyuci baju, warga harus pergi ke sungai yang jaraknya 5 kilometer dari kawasan permukiman warga.