Buntut Adipura Desa, Kementerian LHK Nobatkan Bupati Trenggalek Sebagai Pembina Proklim

oleh
oleh
Buntut Adipura Desa, Kementerian LHK Nobatkan Bupati Trenggalek Sebagai Pembina Proklim
Buntut Adipura Desa, Kementerian LHK Nobatkan Bupati Trenggalek Sebagai Pembina Proklim

TRENGGALEK, bioztv.id – Getol perjuangkan pelestarian lingkungan didaerahnya, Bupati Trenggalek akhirnya diganjar penghargaan sebagai pembina proklim oleh Kementrian lingkungan hidup (LHK) RI. Penghargaan itu diraih atas komitmennya melestarikan lingkungan melalui berbagai program, salah satunya program gelaran Adipura Desa.

Penghargaan proklim tingkat nasional ini diterima Bupati Trenggalek dalam Festival Program Kampung Iklim (Proklim) yang digelar Kementerian LHK RI. Momen tersebut juga bertepatan dengan momen peringatan hari sumpah pemuda 28 Oktober 2022. Atas prestasi ini, Bupati menyebut jika penghargaan ini  bukan untuk dirinya, tapi untuk seluruh masyarakat Trenggalek. Khususnya desa-desa yang selama ini sudah aktif berpartisipasi dalam gelaran adipura desa.

Lebih lanjut Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin menyampaikan, Penghargaan sebagai pembina Proklim ini diraih karena dari program adipura desa itu telah memunculkan desa-desa Proklim. Sehingga hal ini juga menjadi PR bersama, karena perubahan iklim itu nyata. Sepertihalnya yang terjadi akhir-akhir ini di Trenggalek, curah hujan lebih tinggi dari report yang tercatat di tahun-tahun sebelumnya.

Mas ipin juga menambahkan, berkat pernghargand ari kementerian ini, pihaknya berharap  bisa memperkuat komitmen seluruh warga dalam mewujudkan Trenggalek yang lebih aman, lebih nyaman dan Trenggalek yang lebih berkelanjutan. Disisi lain hal ini menjadi pondasi awal, terlebih Kementerian LHK juga sudah menetapkan Permen dan Perpres terkait nilai ekonomi karbon.  Sehingga ketika masyarakat bisa menjaga lingkungan bisa dikonversikan menjadi nilai ekonomi.