Beranda NEWS MOMENT Jadi Perdebatan, Pansus 3 DPRD Trenggalek kembali Scors Pembahasan Ranperda Penyidik PNS

Jadi Perdebatan, Pansus 3 DPRD Trenggalek kembali Scors Pembahasan Ranperda Penyidik PNS

255

TRENGGALEK, bioztv.id – Pasal demi pasal masih menjadi perdebatan, pembahasan ranperda  tentang penyidik pegawai negeri sipil (PPNS) akhirnya kembali discors. Beberapa poin yang menajdi perdebatan ini antara lain terkait persyaratan menjadi PPNS, Pendelegasian, Mekanisme tata cara melakukan rekruitment, hingga tekhnis pelaksanaan.

Mengacu keterangan Ketua pansus 3 DPRD Trenggalek, pembahasan ranperda tentang PPNS ini sudah dilakukan sejak Tahun 2021 lalu. Karena belum selesai, akhirnya pembahasannya kembali dilanjutkan pada Tahun 2022 ini.  Hingga saat ini pembahasan Ranperda tersebut sudah mencapai sekitar 38 Pasal. Sedangkan jumlah total pasalnya ada 43. Artinya pembahasan ranperda ini sudah mendekati final dan ditargetkan bisa diselesaikan pada Tahun 2022 ini.

Lebih lanjut Ketua Pansus 3 DPR DTrenggalek, Mugianto Menyampaikan, Sesuai tugas pokok dan fungsinya, Pemerintah daerah saharusnya memiliki PPNS. Hal ini dimaksudkan untuk memaksimalkan pengawasan terhadap ASN, maupun langkah langkah awal sebelum masuk ranah pidana. Dalam pelaksanaannya, nanti PPNS ini akan dikomandani oleh SatpolPP. Artinya, nanti kepala Satpol PP otomatis akan menjadi kepala sekretariat PPNS.

Mugianto juga menambahkan, Selain akan menjadi leader dari SatpolPP, dalam pelaksanaan PPNS ini nanti juga melibatkan bagian hukum, dan Inspektorat. Sedangkan instansi yang bertindak sebagai dewan pengawas dari PPNS ini adalah Badan kepegawaian daerah (BKD) Kabupaten Trenggalek.

Artikel sebelumyaManfaatkan ESWL, Saat Ini RSUD dr.Soedomo Trenggalek Bisa Tuntaskan Batu Ginjal Tanpa Operasi
Artikel berikutnyaKeleleran & Resahkan Warga, 5 Anak Jalanan Di Nglongsor Trenggalek Terciduk SatpolPP