Beranda Advetorial Manfaatkan ESWL, Saat Ini RSUD dr.Soedomo Trenggalek Bisa Tuntaskan Batu Ginjal Tanpa...

Manfaatkan ESWL, Saat Ini RSUD dr.Soedomo Trenggalek Bisa Tuntaskan Batu Ginjal Tanpa Operasi

331

TRENGGALEK, bioztv.id – Gunakan metode penyembuhan mutakhir, mulai awal tahun 2022 ini RSUD dr.Soedomo Trenggalek bisa tuntaskan penyakit batu ginjal tanpa melalui tindakan pembedahan atau operasi. Penyembuhan batu ginjal tersebut dilakukan menggunakan gelombang kejut extracorporeal shock wave lithotripsy (ESWL).

ESWL ini merupakan prosedur untuk mengatasi penyakit batu ginjal dengan menggunakan gelombang kejut. Melalui metode ini, batu ginjal dapat dibuang tanpa melalui tindakan pembedahan (noninvasif). ESWL ini menggunakan alat yang dapat memancarkan gelombang kejut. Gelombang kejut ini dikonsentrasikan di sekitar ginjal untuk menghancurkan batu ginjal menjadi pecahan-pecahan yang lebih kecil, sehingga dapat dikeluarkan bersama urine. Batu ginjal sendiri terbentuk dari senyawa mineral yang menumpuk di ginjal dalam jangka panjang. 

Direktur RSUD dr.Soedomo Trenggalek, dr.Mokhamad Rofiq Hindiono menyampaikan, Kasus batu ginjal dan saluran kemih di Kabupaten Trenggalek cukup banyak. Dengan hadirnya peralatan baru ESWL ini akan mempermudah penanganan batu ginjal tanpa harus operasi bedah. Sehingga masyarakat bisa memanfaatkan layanan ini tanpa harus pergi berobat ke luar kota. Terlebih alat ini masih baru dan dokter spesialis urologi yang menanganinya juga profesional. Selain itu, penanganan batu ginjal dengan ESWL ini juga bisa memanfaatkan layanan BPJS.

Sementara itu Dokter Spesialis Urologi, dr.Rifki Aulia menyampaikan,  Untuk bisa mendapatkan layanan menggunakan ESWL ini, pasien cukup datang ke layanan rawat jalan dan menjalani pemeriksaan terlebih dahulu. ESWL ini merupakan prosedur yang mutakhir, nyaman, tidak nyeri, dan tidak perlu dilakukan bedah. Selain itu pasien juga tidak perlu anestesi atau diberikan obat bius. Proses pengerjaannya, pasien juga tidak perlu rawat inap, karena bisa diselesaikan dalam kurun waktu sekitar 1 jam.

Prosedur penanganan batu ginjal menggunakan ESWL di RSUD dr.Soedomo Trenggalek, pertama kali mulai dilakukan pada 12 januari 2022. Sebelum menjalani ESWL, pasien disarankan untuk berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter. Pada sesi konsultasi, dokter akan bertanya tentang riwayat penyakit pasien dan hasil pemeriksaan batu ginjal sebelumnya.  Dalam hal ini pasien harus membawa hasil pemindaian yang telah dilakukan, baik itu foto Rontgen, CT scan, maupun MRI.

Artikel sebelumyaSesuaikan Tatib, Rangkap Jabatan Pimpinan Bapemperda DPRD Trenggalek Diparipurnakan Ulang
Artikel berikutnyaJadi Perdebatan, Pansus 3 DPRD Trenggalek kembali Scors Pembahasan Ranperda Penyidik PNS