Beranda NEWS MOMENT Pacu Penanganan ODGJ, DPRD Trenggalek Minta Pemkab Rencanakan Pembangunan RSJ

Pacu Penanganan ODGJ, DPRD Trenggalek Minta Pemkab Rencanakan Pembangunan RSJ

231

TRENGGALEK, bioztv.id – Dorong penyelenggaraan kesehatan jiwa, termasuk penanganan orang dnegan gangguan jiwa (ODGJ), Pansus 3 DPRD Trenggalek minta pemerintah daerah rencanakan pembangunan rumah sakit jiwa (RSJ). Dengan demikian proses perawatan ODGJ tidak perlu lagi dikirim ke RSJ luar kota, tapi cukup dilakukan di Trenggalek.

Mengacu keterangan ketua Pansus 3 DPRD Trenggalek, seiring sudah dibahasnya renperda tentang penyelenggaraan kesehatan jiwa, pihaknya berharap kedepannya pemerintah daerah turut melengkapi fasilitas pendukung. Baik tindak lanjut berupa peraturan bupati (perbup) maupaun fasilitas pendukung seperti halnya bangunan rumah sakit jiwa (RSJ).

Lebih lanjut Ketua Pansus 3 DPRD Trenggalek, Mugianto menyampaikan, Saat ini fasilitas untuk proses perawatan ODGJ di Trenggalek sebenarnya sudah ada, yaitu di Puskesmas Karnaganyar Kecamatan gandusari. Namun fasilitas perawatan dilokasi tersebut masih sangat terbatas. Artinya belum mampu menambpung perawatan ODGj dengan jumlah yang banyak. Akibatnya, saat ini masih banyak ODGJ asal Trenggalek yang harus menjalani perawatan di RSJ luar kota.