Beranda NEWS MOMENT Sempat Alot, Pansus 3 Akhirnya Tuntaskan Ranperda Penyelenggaraan Kesehatan Jiwa di Trenggalek

Sempat Alot, Pansus 3 Akhirnya Tuntaskan Ranperda Penyelenggaraan Kesehatan Jiwa di Trenggalek

149

TRENGGALEK, bioztv.id – Pembahasan bersama tim asistensi sempat alot, Pansus 3 DPRD Trenggalek akhirnya tuntaskan ranperda tentang penyelenggaraan kesehatan di jiwa.  Setelah ranperda ini difinalisasi, selanjutnya akan dikirim ke Gubernur Jawa Timur untuk dimintakan fasilitasi. Setelah itu baru akan ditetapkan menjadi peraturan daerah.

Proses pembahasan ranperda tentang penyelenggaraan kesehatan jiwa ini sudah dibahsa Pansus 3 sejak 18 Oktober 2021 kemarin, dan bisa diselesaikan pada 19 Oktober. Ranperda tentang penyelenggaraan kesehatan jiwa ini merupakan salah satu ranperda inisiatif DPRD. Ranperda ini bertujuan untuk memberikan perlindungan terhadap seluruh masyarakat khususnya para ODGJ. Ranperda ini terdiri dari 87 pasal yang mengatur hak hak ODGJ dan kewajiban pemerintah daerah dalam proses penanganan.

Ketua pansus 3 DPRD Trenggalek, Mugianto menyampaikan, Pembahasan terhadap 87 pasal pada ranperda tentang penyelenggaraan kesehatan jiwa bisa dituntaskan dalam kurun waktu 2 hari. Selama proses pembahasan antara pansus 3 dengan tim asistensi juga sempat alot. Pasalnya, semua memiliki tujuan yang sama untuk memberikan jaminan perlindungan terhadap masyarakat Trenggalek, baik mereka yang sehat maupun yang mengalami gangguan jiwa.

Mugianto juga menjelaskan, dalam hal ini, DPRD Trenggalek menginginkan adanya regulasi agar Pemerintah Daerah bisa menjamin hak hak seluruh warga masyarakat. Tak terkecuali perlindungan hukum terhadap ODGJ. Sehingga ODGJ di Trenggalek bisa tertangani dengan baik dan hak hak-nya juga terjamin.