Beranda NEWS MOMENT UU Berubah, Perubahan Perda Pembentukan Produk Hukum Daerah Jadi Bahasan Pansus 2...

UU Berubah, Perubahan Perda Pembentukan Produk Hukum Daerah Jadi Bahasan Pansus 2 DPRD

156

TRENGGALEK, bioztv.id – Dasar peraturan mengalami perubahan, Perdaturan daerah (perda) Trenggalek Nomor 9 Tahun 2017 tentang pembentukan produk hukum daerah akhirnya harus dirubah. Saat ini, perubahan perda itu sudah menjadi pembahasan pansus 2 DPRD Trenggalek. Ditargetkan pembahsan ini bisa tuntas dalam waktu dekat.

Mengacu keterangan ketua pansus 2 DPRD Trenggalek, saat ini peraturan perundang undangan dan peraturan kementerian dalam negeri (Permendagri) yang selama ini menjadi dasar proses pembentukan peraturan daerah sudah berubah, sehingga perda Trenggalek  tentang pembentukan produk hukum daerah juga harus dilakukan pemutakhiran sesuai dengan peraturan terbaru tersebut.

Lebih lanjut Ketua pansus 2 DPRD Trenggalek, Alwi Burhanudin menyampaikan, Perda tentang pembentukan pertauran daerah yang lama masih mengacu pada UU nomor 12 Tahun 2011, sedangkan saat ini dasar tersebut sudah berubah ke UU Nomor 15 Tahun 2019. Sementara itu Permendagri yang dijadikan dasar pada Perda lama adalah Permendagri Nomor 80, sedangkan sekarang berubah ke permendagri 180.