Beranda NEWS MOMENT Ranperda Difinalisai, Tarif Berubah & Jangka Waktu Masa Uji Kir Tahun Pertama...

Ranperda Difinalisai, Tarif Berubah & Jangka Waktu Masa Uji Kir Tahun Pertama Jadi 1 Tahun

271

TRENGGALEK, bioztv.id – Ranperda tentang perubahan retribusi pengujian kendaraan bermotor, atau uji kir sudah difinalisasi pansus 3 DPRD, Tarif uji Kir berbagai jenis kendaraan bermotor di Trenggalek mengalami perubahan. Selain itu, masa berlaku uji kir untuk tahun pertama juga menjadi lebih panjang. Yaitu berubah jadi 1 tahun.

Menurut keterangan Ketua Pansus 3 DPRD Trenggalek, Ranperda perubahan taruf uji kendaraan bermotor ini sudah diusulkan bupati sejak bulan juli lalu. Perubahan Perda ini dilakukan karena usia Perda tersebut sudah lebih dari 4 tahun. Perda tentang uji KIR itu sudah dibuat sejak tahun 2011 lalu dan belum pernah dilakukan perubahan, sehingga harus dilakukan penyesuaian sengan kondisi terkini. Salah satunya penyesuaian terkait nominal tarif retribusi uji KIR. Artinya nominal tarif pengujian kendaraan bermotor mengalami kenaikan dari tarif sebelumnya.

Lebih lanjut Ketua Pansus 3 DPRD Trenggalek, Mugianto menjelaskan, Selain ada perubahan nominal tarif uji kir. Sesuai klausul baru Permenhub Nomor 19 Tahun 2021, untuk uji kir pertama bagi kendaraan baru ada perubahan masa berlaku. Jika sebelumnya masa berlakunya hanya 6 bulan, maka sesuai permenhub tersebut berubah menjadi satu tahun. Selanjutnya untuk tahun tahun berikutnya masa berlakunya sama, yaitu 6 bulan.

Mugianto juga menambahkan, Jika ranperda perubahan taruf ini sudah ditetapkan menjadi perda, maka akan menggantikan peraturan sebelumnya, yaitu Perda Nomor 6 tahun 2011. Saat ini ranperda ini sudah masuh tahap finalisasi, sehingga dalam waktu dekat bisa segera ditetapkan menjadi peraturan daerah (Perda).