Beranda NEWS MOMENT Soroti Pelatihan Kerja Disperinaker Trenggalek, Komisi 2 Tekankan Ada Tindak Lanjut Pasca...

Soroti Pelatihan Kerja Disperinaker Trenggalek, Komisi 2 Tekankan Ada Tindak Lanjut Pasca Kegiatan

252

TRENGGALEK, bioztv.id – Pelatihan kerja yang dilakukan dinas perindustrian dan tenaga kerja (Disperinaker) dinilai belum memberikan dampak yang signfikan, Komisi 2 DPRD Trenggalek tekankan adanya tindak lanjut pasca pelatihan. Sehigga setelah mengikuti pelatihan, para peserta benar benar bisa mengaplikasikan keahliannya.

Kegiatan pelatihan kerja bagi masyarakat merupakan salah satu kegiatan rutin DIsperinaker dalam setiap Tahunnya, pelatihan kerja ini juga bermacam macam jenisnya. Beberapa diantaranya seperti pelatihan las, menjahit, salon, barber shop dan berbagai pelatihan kerja lainnya. Meski kegiatan ini rutin digelar, namun dinilai belum mampu memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat. Pasalnya, setelah mengikuti pelatihan kerja, masih banyak mantan peserta pelatihan yang tidak bisa mengaplikasikan keahliannya.

Ketua Komisi 2 DPRD Trenggalek, Pranoto menyampaikan, mengingat banyaknya kegiatan sosialisasi dan pelatihan kerja pada Disperinaker, pihaknya menekankan agar pelatihan kerja tersebut dibarengi dengan dukungan agar eks peserta pelatihan bisa mempraktikkan keahliannya. Karena jika tidak dipraktikkan maka kegiatan pelatihan kerja itu juga sia sia.  Komisi 2 meminta agar pasca pelatihan kerja,

Sekedar diketahui bahwa, kegiatan pelatihan kerja pada DIsperinaker yang rutin digelar dalam setiap tahunnya ini juga memakan anggaran yang cukup bisa. Seperti halnya kegiatan pelatihan kerja yang digelar pada bulan juni lalu juga menyedot anggaran sekitar 400 juta rupiah. anggaran tersebut digunakan untuk pengadaan bahan pelatihan, honor pelatih, konsumsi peserta, dan honor peserta selama mengikuti pelatihan.