Beranda NEWS MOMENT Jika Ngotot Abaikan SK Bupati, Kades Ngulanwetan Terancam Diberhentikan Sementara

Jika Ngotot Abaikan SK Bupati, Kades Ngulanwetan Terancam Diberhentikan Sementara

266

TRENGGALEK, bioztv.id – Abaikan SK bupati tentang pembatalan keputusan Kepala Desa (Kades) terkait pengangkatan perangkat desa, Kades Ngulanwetan, Pogalan terancam diberhentikan sementara. Pasalnya, akibat ketidak patuhannya tersebut, kegiatan pemerintah desa tersendat. Bahkan bantuan bagi masyaraat juga tidak bisa terserap.

SK Bupati yang diabaikan Kades Ngulanwetan itu ini adalah SK Nomor 188.45/286/406.001.3/2021 tentang pembatalan keputusan kades Nomor 188.45/05/406.12.2009/2021 tentang pengangkatan perangkat desa pada 31 Mei 2021.  Pasalnya, pengangakatan perangkat desa itu tanpa dilengkapi surat rekomendasi dari Camat Pogalan. Terkait SK Bupati ini, Kepala Desa Ngulanwetan memilih untuk menolak atas SK pembatalan perangkat desa tersebut.

Menanggapi hal ini, Ketua Komisi 1 DPRD Trenggalek, Mochamad Husni tahir Hamid menyampaikan, dari hasil diskusi dengan OPD tekhnis, pihaknya meminta agar permasalahan di Desa Ngulanwetan segera ditindaklanjuti secara administrasi. Mengingat Kepala Desa sudah dua kali diberikan peringatan dan tidak mematuhi, maka juga bisa dipertimbangkan untuk dilakukan pemberhentian sementara terhadap kepala Desa. Pasalnya, akibat permasalahan ini kepentingan masyaraat idak bisa terlayani dengan baik.

Husni juga menjelaskan, Jika diberhentikan sementara, Kepala Desa Ngulanwetan masih mempunyai kesempatan untuk bisa menjabat kembali menjadi Kepala Desa. Kesempatan itu bisa diterjadi apabila Bupati mencabut himbauannya, dan Kepala Desa Ngulanwetan juga menjalankan SK Bupati terkait pembatalan pengankatan perangkat desa pada beberapa waktu lalu.