Beranda NEWS MOMENT Dongkrak Pendapatan DID, DPRD Trenggalek Minta Refokusing Anggaran Jangan Asal Potong

Dongkrak Pendapatan DID, DPRD Trenggalek Minta Refokusing Anggaran Jangan Asal Potong

252

TRENGGALEK, bioztv.id – Dongkrak pendapatan dari dana insentif daerah (DID), Komisi 4 DPRD Trenggalek minta refokusing anggaran untuk penanganan Coovid-19 ini tidak asal potong dan hanya mengacu prosentase saja. Komisi 4 meminta agar refokusing mengacu skala prioritas, sehingga target program program prioritas tetap bisa tercapai.

Berdasarkan keterangan Ketua Komisi 4 DPRD Trenggalek, Untuk meningkatkan pendapatan dana insentif daerah (DID) ditengah pandemi, program program pelayanan dasar dan skala prioritas harus terus didukung. Sehingga anggaran untuk program program itu harus dipertahankan agar tidak terdampak refokusing. Terlebih sesuai score penilaian kinerja dari kementerian keuangan, sejumlah OPD di Trenggalek ada beberapa yang sudah mendekati target. Jika scorenya memenuhi target indikator tersebut, maka berpeluang mendapat tambahan dana insentif dari pemerintah pusat.

Lebih lanjut Ketua Komisi 4 DPRD Trenggalek, Mugianto menyampaikan, pada tahun ini Kabupaten Trenggalek mendapat DID sebesar 29 Miliar rupiah yang bersumber dari 3 sektor. Yaitu dari sektor penurunan kemiskinan, sektor penanganan dan pengandalian stunting, serta sektor pengelolaan keuangan daerah.

Sekedar diketahui bahwa, DID adalah dana insentif yang bersumber dari APBN yang diberikan kepada daerah tertentu yang memenuhi kriteria khusus atas capaian target kinerjanya. Diantaranya kinerja dalam bidang tata kelola keuangan daerah, pelayanan umum pemerintahan, pelayanan dasar publik, maupun kesejahteraan masyarakat.