Beranda NEWS MOMENT Tolak Refokusing ADD, Perangkat & Kepala Desa Di Trenggalek Akan Turun Jalan...

Tolak Refokusing ADD, Perangkat & Kepala Desa Di Trenggalek Akan Turun Jalan Jika ADD Dipotong

1827

TRENGGALEK, bioztv.id – Tolak rencana refokusing anggaran alokasi dana desa (ADD) untuk penanganan Covid-19, Puluhan perangkat dan Kepala Desa di Trenggalek gruduk kantor DPRD.  Mereka meminta Pemerintah Daerah batalkan rencana itu. Jika tidak, para perangkat dan kepala desa se Trenggalek akan mogok kerja hingga menggelar aksi turun jalan.

Berdasarkan keterangan ketua asosiasi kepala desa (AKD) Trenggalek, Puryono menerangkan, kedatangannya di Gedung DPRD Trenggalek ini bertujuan untuk menyuarakan aspirasi Pemerintah Desa. Pasalnya, Pemerintah daerah akan memotong ADD untuk anggaran penanganan Covid-19. JPemotongan itu akan berdampak pada rumah tangga desa dan berpotensi melumpuhkan sejumlah kegiatan yang ada di Desa. Jika pada hari Senin mendatang tuntutan AKD dan PPDI ini tidak dikabulkan atau belum ada jawaban, para perangkat desa dan kepala desa se Trenggalek akan melakukan aksi turun jalan.

Sementara itu Sekretaris Dearah (sekda) Kabupaten Trenggalek, Joko Irianto menyampaikan, Awalnya pemerintah daerah akan lakukan refokusing dari ADD sekitar 5 Miliar rupiah. Namun setelah mendengar aspirasi dari para kepala desa dan perangkat desa itu, pihaknya akan segera menindaklanjuti dan melaporkannya ke Bupati. Selanjutnya, pemerintah daerah akan berupaya mengalihkan refokusing ADD ke anggaran kegiatan yang lain.

Ketua AKD juga menambahkan, jika refokusing ADD tetap dilakukan, dampaknya sangat luas, mulai dari RT, RW, BPD, PKK, Karang Taruna, Lembaga kemasyarakatan desa (LKD) dan sejumlah kegiatan lain didesa juga akan terdampak. Akibatnya, anggaran insentif maupun anggaran kegiatan untuk lembaga yang ada di desa terancam terpotong, bahkan tidak ada lagi anggran yang bisa dialokasikan.