Beranda NEWS MOMENT MA Kabulkan Kasasi BPN Terkait Ganti Rugi Bendungan Bagong, Begini Tanggapan Kepala...

MA Kabulkan Kasasi BPN Terkait Ganti Rugi Bendungan Bagong, Begini Tanggapan Kepala Desa

793

TRENGGALEK, bioztv.id – Mahkamah Agung RI sudah putuskan kasasi BPN Trenggalek terkait nilai ganti rugi lahan Bendungan Bagong, Kepala Desa Semurup belum bisa berkomentar banyak terkait hal ini. Pasalnya, Secara resmi ia belum menerima salinan putusannya. Meski tidak sesuai harapan warga, pihaknya juga tetap menghargai keputusan itu.

Mengacu keterangan Kepala Desa Semurup, Kecamatan Bendungan, meski saat ini ia belum menerima salinan resmi putusan MA terkait kasasi BPN Trenggalek, ia akan menghormati ketetapan hukum itu. Pihaknya juga akan tetap mendukung Proyek Strategis Nasional Bendungan Bagong yang akan dibangun didaerahnya. Namun ia berharap Pemerintah daerah bisa segera merealisasikan sejumlah program bantuan yang diusulan warga terdampak. 

Lebih lanjut Kepala Desa Semurup, Budianto menyampaikan, selain adanya ganti rugi lahan, warga terdampak juga mengajukan program program bantuan lain dari pemerintah,  seperti halnya terkait bantuan peternakan, bantuan kesehatan, stimulan rumah swadaya, dan sejumlah program lain. Artinya, program program yang diajukan warga itu akan diberikan melalui mekanisme pembahasan lebih lanjut,  baik di pembahasan ditingkat Pemerintah Daerah, DPRD maupun kebijakan dari Bupati.

Budi juga menambahkan, secara umum permintaan yang diajukan warga cukup banyak, tapi ada bebrapa point, misal untuk bantuan peternakan mengajukan bantuan setiap KK 35 juta, Stimulus perumahan swadaya sebesar 25 Juta, Biaya PDAM minta digratiskan selama masa pembangunan bendungan Bagong, Juga minta bantuan modal usaha akibat tidak bisa lagi bertani.  Dalam proses realisasi bantuan ini, nantinya warga juga siap untuk mengikuti prosedur yang ditetapkan pemerintah.