Beranda NEWS MOMENT Wakil Ketua DPRD Trenggalek, Rencana Refokusing Anggaran Masih Digodok Eksekutif

Wakil Ketua DPRD Trenggalek, Rencana Refokusing Anggaran Masih Digodok Eksekutif

375

TRENGGALEK, bioztv.id – Belum masuk ke DPRD Trenggalek, Hingga awal April tahun 2021 ini rencana refokusing anggaran untuk penanganan pandemi Covid-19 masih digodok eksekutif. Pasalnya, Refokusing tersebut domainnya ada pada Bupati, sehingga pembahasan oleh DPRD baru akan dilakukan setelah ada penyampaian dari eksekutif.

Menurut keterangan Wakil Ketua DPRD Trenggalek, refokusing anggaran untuk penanganan Pandemi Covid-19 itu merupakan mandatori dari Pemerintah Pusat. Sehingga pemerintah daerah harus mengikuti sesuai arahan dan petunjuk tekhnis yang ada. Nominal anggaran refokusing ini juga dinilai cukup besar, yaitu sekitar 105 Miliar Rupiah.

Lebih lanjut Waki Ketua DPRD Trenggalek, Doding Rahmadi menyampaikan, terkait prosedur penggunaan dana refokusing itu semuanya sudah diatur oleh menetri keuangan Republk Indonesia. Diataranya ada 3 jenis pemanfaatan, yaitu untuk jaminan sosial, Ekonomi, dan Penaggulangan Covid-19. Dari ketiga jenis pemanfaatan dana hasil Refokusing itu termasuk untuk anggaran kegiatan Vaksinasi Covid-19.

Doding Rahmadi juga menambahkan, setelah Bupati atau pihak eksekutif sampaikan rencana refokusing anggaran ke legislatif, nantinya  DPRD Trenggalek akan membahas lebih lanjut rencana tersebut. Selanjutnya, DPRD akan memberikan pertimbangan pertimbangan agar refokusing anggaran tersebut sesuai dengan petunjuk dan peraturan yang berlaku.