Beranda NEWS MOMENT Bupati Pasang Badan, Konsisten Tolak Ijin Eksploitasi Tambang Emas Di Trenggalek

Bupati Pasang Badan, Konsisten Tolak Ijin Eksploitasi Tambang Emas Di Trenggalek

820

TRENGGALEK, bioztv.id – Nyatakan penolakannya terhadap ijin eksploitasi tambang emas di Trenggalek, Bupati siap pasang badan lakukan penolakan dengan cara cara yang prosedural. Pasalnya, ijin tambang emas Oleh PT.SMN di Trenggalek itu dinilai tidak sesuai dengan aturan penetapan wilayah dalam Perda RTRW yang baru saja disahkan.

Berdasarkan keterangan Bupati Trenggalek, mengingat perijinan tambang emas itu bertolak belakang dengan perda rencana tata ruang wilayah (RTRW), pihaknya akan mengajukan permohonan agar ijin tambang emas itu dikaji ulang. Sehingga ia akan berusaha melindungi alam Trenggalek melalui RTRW yang ada. Terlebih, dalam RTRW itu juga sudah ditentukan kawasan ekosistem karst, hingga bentang alam karst.

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin juga menyampaikan, Selama masih ada dirinya, ia akan berusaha untuk menolak ijin tambang itu dengan cara cara yang prosedural. Tahap awal, ia akan lakukan koordinasi dengan stake holder terkait untuk menelusuri dokumen-dokumen yang berkaitan dengan perizinan tersebut. Selain itu ia juga akan berdiskusi langsung dengan Dinas ESDM Provinsi Jatim sebagai pemberi izin saat itu.

Bupati juga menambahkan, terkait munculnya ijin tambang emas di Trenggalek ini, ia juga telah melaporkannya ke Gubernur Jawa Timur. Mas Ipin juga meminta agar Masyarakat tidak mudah terprovokasi dengan isu isu penolakan yang bersifat arogansi, pasalnya, penolakan harus dilakukan dengan cara cara yang baik sesuai prosedur yang ada.