Beranda Business Meroket, Harga Cabai Rawit Di Trenggalek Sepedas Rasanya, Cabai Kering Langsung Jadi...

Meroket, Harga Cabai Rawit Di Trenggalek Sepedas Rasanya, Cabai Kering Langsung Jadi Idola

603

TRENGGALEK, bioztv.id – Selama seminggu terakhir, harga cabai rawit di Kabupaten Trenggalek mengalami lonjakan yang cukup tajam. Akibatnya, daya beli masyarakat semakin menurun, dan memilih beralih ke cabai kering yang harganya jauh lebih murah. Selain  terjadi di tingkat pengecer,  lonjakan ini juga terjadi dari grosir maupun petani.

Menurut keterangan sejumlah pedagang di Pasar Basah Trenggalek, ,  lonjakan harga cabai rawit merah paling tinggi terjadi pada kurun waktu sepekan terakhir. Cabai rawit yang awalnya dijual 50 ribu rupiah per kilogram,   tiba-tiba melonjak tajam hingga 110 ribu rupiah per kilogram.  Akibat tingginya harga cabai rawit ini,  jumlah permintaan konsumen mengalami penurunan tajam.

Salah Satu Pedagang Pasar Basah Trenggalek, Siti Fatimah menyampaikan, semenjak terjadi lonjakan harga,  jumlah permintaan konsumen mengalami penurunan. Biasanya ia dalam sehari mampu mampu menghabiskan 80 kilogram cabai,   kini hanya laku 50 kilogram per hari. Namun di sisi lain, lonjakan harga cabai rawit justru meningkatkan jumlah permintaan terhadap cabai kering impor. Konsumen yang beralih ke cabai kering, rata-rata adalah para pedagang makanan san warung. 

Fatimah juga menambahkan, meski cabai rawit mengalami lonjakan yang signifikan, namun harga komoditas cabai merah besar justru relatif stabil pada kisaran  44 ribu rupiah per kilogram.  Harga komoditas lain yang relatif stabil juga terjadi pada komoditas telur ayam, bawang putih maupun sayur-mayur. Sementara itu bawang merah juga mengalami kenaikan harga dari 20 ribu rupiah per kilogram,  saat ini naik menjadi 30 ribu rupiah per kilogram