Beranda NEWS MOMENT Usai Dengarkan Wejangan Gubernur, Bupati Trenggalek Tegaskan Fokus Pembangunan Ekonomi Inklusif

Usai Dengarkan Wejangan Gubernur, Bupati Trenggalek Tegaskan Fokus Pembangunan Ekonomi Inklusif

265

TRENGGALEK, bioztv.id – Usai serah terima jabatan dari Plh Bupati ke Bupati definitif dan mendengarkan wejangan Gubernur Jawa Timru di Pendopo Manggala Praja Nugraha Trenggalek, Bupati, Mochamad Nur Arifin tegaskan akan Fokus pada pembangunan ekonomi inklusif, pembangunan sumber daya manusia (SDM) dan Lingkungan Hidup.

Menurut Bupati Trenggalek, untuk pembanguna kedpean masih banyak PR yang harus dituntaskan, beberpa diantaranya terkait masalah Stunting, Human Developmen Index, hingga pengembangan SDM satri di Pesantren yang belum menuntaskan pendidikan Formal. Bupati akan mendorong santri di pesantern yang belum mengenyam pendidikan formal kedpeannya bisa mengikuti pendidikan formal melalui kejar paket. Selain itu pihaknya juga akan meminta pemerintah desa agar mendata dan mendorong anak anak yang sudah waktunya masuk sekolah agar bisa segera masuk Paud, kelompok belajar maupun TK.

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin menjelaskan, Untuk progres pengembangan UMKM, Gubernur Jatim juga menyarankan, jika ingin meroket harus dilakukan digitalisasi. Terkait hal itu, sata ini PKK Trenggalek sudah mengantongi data seluruh UMKM dibawah dekranasda. kemudian program 5.000 pengusaha perempuan juga akan turut menguatkan. Selanjutnya pihaknya juga akan membangun creatif labs yang didalamnya ada kurasi hingga master of design, sehingga antar UMKM nantinya bisa saling kolaborasi dan semakin meroket.

Nur Arifin juga menambahkan, salah satu perwujudan indeks yang paling berat adalah penciptaan kota hijau. Pasalnya, indeks ini nantinya akan dilakukan pengukuran kadar karbon, penilaian transportasi yang substainable, penilaian banyaknya jumlah jalur pejalan kaki dan pesepeda dengan kendaraan bermotor, hingga cakupan ruang terbuka hijau dan air bersih.