Beranda NEWS MOMENT TPJ Depan SDN 2 Dongko Ambrol, Jalan Lingkar Desa Di Trenggalek Nyaris...

TPJ Depan SDN 2 Dongko Ambrol, Jalan Lingkar Desa Di Trenggalek Nyaris Lumpuh Total

1541

TRENGGALEK, bioztv.id – Tembok penahan jalan (TPJ) ambrol pasca diguyur hujan lebat, separuh badan jalan penghubung antar desa di Kecamatan Dongko, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur ambles. Akibat kejadian ini, akses transportasi ditutup, dan warga yang akan melintas harus memutar arah dengan jarak tempuh yang lebih jauh.

Berdasarkan keterangan salah satu warga Dongko, Panjangnya plengsengan atau TPJ di depan SDN 2 Dongko yang ambrol ini  sekitar 30 meter dengan kedalaman 7 meter. Bangunan TPJ ini berada tepat didepan bangunan pagar sekolah. Selain menjadi akses utama perekonomian warga sekitar, jalan yang ambles akibat longsor ini juga sebagai akses utama ke SD Negeri  2 Dongko. 

Lebih lanjut Sunardi menyampaikan, Ambrolnya plengsengan tersebut terjadi setelah daerahnya diguyur hujan hingga larut malam pada 11 Januari kemarin. Setelah hujan reda tiba tiba TPJ tersebut ambrol. Selain berakibat memutus akses transportasi antar desa, material longsor juga menimbun sebagian area persawahan warga.

Sunardi juga menambahkan, meski jalan penghubung antar desa itu telah di tutup, namun sejumlah warga masih ada yang tetap nekat melewati jalan tersebut. Jalur tersebut dinilai warga sebagai akses terdekat, karena Jika harus melintasi jalur alternatif lain, jaraknya cukup jauh dan harus memutar dengan jarak tempuh  sekitar 2 kilometer.