Beranda NEWS Pansus 1 DPRD Trenggalek, Rencana Pembangunan Industri Harus DIsesuaikan Dengan Potensi

Pansus 1 DPRD Trenggalek, Rencana Pembangunan Industri Harus DIsesuaikan Dengan Potensi

213
Pansus 1 DPRD Trenggalek, Rencana Pembangunan Industri Harus DIsesuaikan Dengan Potensi
Pansus 1 DPRD Trenggalek, Rencana Pembangunan Industri Harus DIsesuaikan Dengan Potensi

TRENGGALEK, bioztv.id – Kembali bahas rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang Rencana Pembangunan Industri Kabupaten (RPIK) bersama Tim Asistensi Pemerintah Daerah, Pansus 1 DPRD Trenggalek tekankan proses pembangunan industri harus disesuaikan dengan potensi dari masing masing daerah.

Mengacu keterangan ketua pansus 1 DPRD Trenggalek, pembahasan kembali Ranperda Rencana Pembangunan Industri Kabupaten (RPIK) ini telah disesuaikan dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Trenggalek yang baru. Beberapa kawasan Industri yang dibahas ini meliputi industri Olahan kayu, industri tekstil, industri kertas, industri olahan makanan, industri olahan tembakau, dan berbagai jenis industri lainnya.

Lebih lanjut Ketua Pansus 1 DPRD Trenggalek, Sukarudin menyampaikan, untuk penentuan lokasi rencana pembangunan industri ini harus disesuaikan dengan potensi dari masing masieng daerah, dan tidak boleh  asal-asalan. Saat didirikan industri disuatu daerah, embrionya juga ahrus sudah jelas, sehingga perlu adanya penyesuaian Sumber Daya Manusia (SDM) di masing-masing daerah.

Sukarudin juga menambahkan, ranperda RPIK ini diprakarsai oleh Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Trenggalek, Bappeda dan Bagian Hukum. Setelah pembahasan ini selesai, selanjutnya akan dimintakan evaluasi ke gubernur Jawa Timur. Kemudian di finalisasi, diparipurnakan,  dan akan ditindaklanjuti dengan Peraturan Bupati (Perbup) sebelum diaplikasikan.