Beranda NEWS MOMENT Perda RTRW Baru, Tidak Ada Zona Kawasan Tambang Di Trenggalek

Perda RTRW Baru, Tidak Ada Zona Kawasan Tambang Di Trenggalek

953

TRENGGALEK, bioztv.id – Resmi disahkan pada penghujung tahun 2020, ada banyak perubahan dalam peraturan daerah (Perda) tentang rencana tata ruang wilayah (RTRW) Kabupaten Trenggalek yang baru. Salah satu poin yang menonjol adalah tidak dimasukkannya kawasan khusus tambang atau zona pertambangan di Trenggalek.

Menurut keterangan bupati Trenggalek, Meskipun di Kabupaten Trenggalek ada beberapa daerah yang bisa ditambang dengan beberapa syarat, namun daerah kawasan tambang sengaja tidak dimunculkan di RTRW yang baru. Karena, orientasi pengembangan ekonomi Trenggalek lebih mengacu pada ekonomi yang sustainable dan inklusif. Sehingga pengembangan ekonomi Trenggalek  kedepan akan pro terhadap lingkungan.

Lebih lanjut Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin menjelaskan, Dengan pengembangan ekonomi yang sustainable dan inklusif, yang mengacu pada perda RTRW baru ini, dinilai akan balance dengan berbagai kepentingan. Seperti halnya dengan kepentingan pemukiman, Kepentingan  kawasan pertanian berkelanjutan, kawasan pertumbuhan ekonomi cepat tumbuh, dan juga kawasan perlindungan lingkungan.

Mochamad Nur Arifin juga menambahkan, tidak dimunculkannya peta tambang pada perda RTRW itu bukan berati seluruh pertambangan akan dilarang, tapi akan diatur secara detail dalam rencana detail tata ruang (RDTR). Nantinya perijinan pertambangan masih diperbolehkan asal memenuhi sejumlah persyaratan tertentu. Dimungkinkan jenis pertambangan itu sepertihalnya  sekedar galian C dan pertambangan lainnya. Tapi secara spesifik zona kawasan tambang tidak muncul pada perda RTRW.