Beranda NEWS KRIMINAL Rusak Hutan Untuk Tambak Udang, 2 Warga Watulimo Trenggalek Terancam 10 Tahun...

Rusak Hutan Untuk Tambak Udang, 2 Warga Watulimo Trenggalek Terancam 10 Tahun Penjara

3833

TRENGGALEK, bioztv.id – Rusak kawasan hutan untuk bisnis budidaya tambak udang vannamei, dua warga Desa Tasikmadu , Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur harus berurusan dengan hukum. Akibat perbuatannya ini kedua tersangka terancam hukuman 10 tahun penjara dan denda hingga sepuluh miliar rupiah

Kedua tersangka yang terlibat dalam kasus perusakan lingkungan hidup ini adalah GYN dan SKR yang sama sama warga Desa Tasikmadu Kecamatan watulimo. Perusakan lingkungan dengan modus budidaya udang ini berawal saat GYN dan SKR bersama-sama melakukan kegiatan usaha budidaya tambak udang vanamei di kawasan hutan petak 95 k Blok Cengkrong RPH Watulimo BKPH Bandung RPH Kediri masuk Dusun Cengkrong Desa Prigi Kecamatan Watulimo. Kedua tersangka merambah kawasan hutan dengan melakukan kegiatan pembudidayaan udang vannamei yang mengakibatkan dilampauinya kriteria baku kerusakan lingkungan hidup.

Menanggapi kejadian ini, Wakapolres Trenggalek, Kompol Mujito, menyampaikan,  akibat pembuatan tambak dilokasi yang tidak semestinya itu mengakibatkan kerusakan lingkungan hidup yang melebihi keriteria baku. Adapun kerugian secara materill kerusakan lingkungan hidup berdasarkan penhitungan kerusakaan lingkungan dari ahli kerusakan tanah dan lingkungan hidup sejumlah Rp. 3.000.000.000.000,00 (tiga milyar rupiah).

Akibat perbuatannya ini, kedua tersangka dijerat dengan pasal 98 ayat (1) dan/atau pasal 99 ayat (1) UU RI nomor 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup Jo pasal 55 ayat (1) KUHPidana, dengan ancaman hukuman minimal 3 tahun dan maksimal 10 tahun. Sedangkan denda paling sedikit Rp3.000.000.000,00 (tiga miliar rupiah) dan paling banyak Rp10.000.000.000,00 (sepuluh miliar rupiah).