Beranda NEWS MOMENT Dua Pasangan Calon Bupati Trenggalek Sepakat Deklarasi Tolak Money Politik

Dua Pasangan Calon Bupati Trenggalek Sepakat Deklarasi Tolak Money Politik

319

TRENGGALEK, bioztv.id – Sepekan menjelang hari h pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Trenggalek tahun 2020, kedua pasangan calon (paslon) alfan rianto -zaenal fanani dan Mochamad Nur Arifin – Syah Mohamad Natanegara beserta masing masing tim suksesnya, sepakat menandatangani dan deklarasi Pilkada aman, bersih tanpa politik uang.

Menurut keterangn Wakapolres Trenggalek, Kompol Mujito, menyampaikan,  deklarasi Pilkada aman, bersih tanpa politik uang ini  diinisiasi oleh Polres Trenggalek, yang merupakan salah satu bentuk komitmen bersama agar pilkada dapat berjalan dengan lancar, tanpa dikotori oleh praktik politik uang. Polisi berharap, deklarasi dan penandatanganan komitmen ini benar-benar dilaksanakan oleh para pihak yang berkompetisi dalam pilkada. Sehingga hasil pemimpin yang didapatkan benar-benar sesuai dengan harapan masyarakat.

Menanggapi deklarasi ini, calon bupati nomor urut satu, Alfan Rianto menyampaikan,  deklarasi ini merupakan parameter bersama yang harus dijaga, guna menciptakan pilkada yang aman dan bersih.

Sementara itu calon wakil Bupati Trenggalek nomor urut  dua, Syah Mohamad Natanegara juga menyampaikan, demi mensukseskan pilkada tahun 2020,  pihaknya mengaku sangat sepakat dan sangat mendukung apa yang menjadi komitmen bersama dalam deklarasi ini. 

Perlu diketahui bahwa, deklarasi damai yang diinisiasi Polres Trenggalek ini dilakukan pada 1 Desember di salah satu hall hotel yang ada di Trenggalek. Dalam deklarasi ini, pihak Kepolisian  mengingatkan, agar praktik politik uang dapat  ditindak ke ranah pidana, dengan ancaman maksimal enam tahun penjara. Bahkan jika calon kepala daerah terbukti melakukan politik uang maka bisa didiskualifikasi dari peserta pilkada. Dalam deklarasi dan penandatanganan ini, selain  dihadiri kedua pasangan calon bupati berserta tim suksesnya, juga disaksikan langsung oleh KPU, Bawaslu, Kejaksaan Negeri Trenggalek, Polres Trenggalek serta Kodim 0806.