Beranda NEWS MOMENT Pilkada Trenggalek 2020, Logistik Protokol Kesehatan KPU Mulai Didistribusikan

Pilkada Trenggalek 2020, Logistik Protokol Kesehatan KPU Mulai Didistribusikan

201

TRENGGALEK, bioztv.id –  Antisipasi penularan Covid-19 pada pelaksanaan Pmilihan Kepala Daerah Trenggalek 9 Desember mendatang, Sejumlah peralatan protokol kesehatan untuk Tempat pemungutan suara mulai didistribusikan. Pendistribusian ini sudah dilakukans sejak 24 Nopember, dan ditargetkan selesai pada 29 Nopember.

Mengacu keterangan Sekretaris KPU Kabupaten Trenggalek, ada tiga belas jenis logistik protokol kesehatan (prokes)  yang didistribusikan. Pendistribusian logistik tersebut bertujuan untuk meminimalisir risiko penularan Covid-19 ketika proses pemungutan, perhitungan, hingga rekapitulasi suara. Tiga belas jenis logistik itu terbagi atas tiga tipe. Pertama, alat kesehatan seperti baju hazmat, dan sarung tangan latek. Kedua, perlengkapan kesehatan rumah tangga seperti sabun cuci tangan dan handsanitizer. Dan yang ketiga berupa barang umum, seperti timba tempat cuci tangan dan face shield.

Lebih lanjut Sekretaris KPU Kabupaten Trenggalek Wiratno menyampaikan, Logistik Prokes tersebut dikirim dari Gedung Serba Guna Kabupaten Trenggalek. Dari sana, logistik dikirim ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Kemudian dari PPK, logistik akan didistribusikan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS). Selanjutnya, logistik akan didistribusikan ke masing masing Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Dari pantauan di Gedung Serba Guna, logistik prokes KPU telah tertata dan terkemas. Barang-barang itu dikirim ke PPK menggunakan truk. Beberapa petugas juga tampak sibuk mengangkut berbagai barang itu dari gedung ke kendaraan. Sementara itu, logistik untuk pemungutan, perhitungan, dan rekapitulasi suara akan didistribusikan menyusul., karena proses sortir lipat surat suara masih akan dilakukan pada hari Minggu 29 Nopember 2020 hingga  Senin 30 Nopember 2020.