Beranda NEWS MOMENT Sehari Tambah 63 Pasien, Lonjakan Kasus Positif Corona Trenggalek Tertinggi Kedua Se-Jatim...

Sehari Tambah 63 Pasien, Lonjakan Kasus Positif Corona Trenggalek Tertinggi Kedua Se-Jatim ?

1035

TRENGGALEK, bioztv.id – Terjadi lonjakan kasus positif Covid-19,  Kabupaten Trenggalek menduduki peringkat tertinggi kedua se Jawa Timur, dengan jumlah penambahan pasien positif mencapai 63 orang. Penambahan tersebut mayoritas berasal dari cluster kegiatan masyarakat di Kecamatan Dongko.

Mengacu data yang dirilis Pemerintah Provinsi Jawa Timur  melalui website infocovid19.jatimprov.go.id, sedikitnya ada tiga daerah yang mengalami lonjakan penambahan jumlah pasien positif covid-19. Posisi tertinggi pertama diduduki oleh Kabupaten Jember dengan penambahan 107 kasus, tertinggi kedua diduduki Kabupaten Trenggalek dengan penambahan 63 kasus dan yang ketiga  banyuwangi dengan penambahan 21 kasus.

Dikonfirmasi terkait lonjakan pasien ini, Kepala Pelaksana (Kalak) badan penanggulangan bencana daerah (Bpbd) Trenggalek Joko Rusianto, menyampaikan,  dari penambahan 63 kasus pasien positif corona tersebut mayotitas berasal dari klaster kegiatan masyarakat di desa cakul, kecamatan dongko.  Menurutnya, lonjakan kasus paparan virus corona di Trenggalek diduga terjadi akibat turunnya  kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.

Joko Rusianto juga menambahkan, untuk menanggulangi lonjakan pasien, tim Satgas Covid-19 trenggalek akan segera mengambil langkah langkah  lanjutan, salah satunya dengan lebih mengoptimalkan Kembali  Satgas Covid-19 yang ada di tingkat kecamatan dan desa. Terlebih, per 19 Nopember kemarin jumlah total paparan covid-19  di Trenggalek mencapai 553 kasus, dengan rincian 182 orang menjalani karantina, 357 sembuh dan 14 meninggal dunia. Sedangkan status wilayah trenggalek juga turun dari zona kuning atau rendah ke zona oranye atau sedang