Beranda NEWS Disorot ART, Pansus 1 DPRD Trenggalek Pertimbangkan Luasan Lahan Karst Pada Ranperda...

Disorot ART, Pansus 1 DPRD Trenggalek Pertimbangkan Luasan Lahan Karst Pada Ranperda RTRW

252

TRENGGALEK, bioztv.id – Luasan lahan karst disorot aliansi rakyat Trenggalek (ART), Pansus 1 DPRD Trenggalek pertimbangkan penentuan luas lahan Karst pada perubahan rencana tata ruang wilayah (RTRW) Kabupaten Trenggalek. Terkait hal ini, pihaknya juga sudah koordinasi dengan kementerian lingkungan hidup dan kehutanan RI.

Mengacu aspirasi yang disampaikan aliansi rakyat Trenggalek (ART), sesuai data yang ditetapkan  Badan Geologi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral, luasan lahan karst di Trenggalek seluas 4.492 hektare, dan tersebar di lima kecamatan. Data tersebut berbeda jauh dengan luasan yang terdata di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) seluas 53.506 hektare dan tersebar di 13 kecamatan. ART menuntut agar pada penyusunan Ranperda RTRW, luasan lahan karst dikembalikan menjadi 53.506 hektare.

Menanggapi aspirasi ART ini, ketua Pansus 1 DPRD Trenggalek, Sukarudin menyampaikan, terkait penetuan luas lahan Karst ini, pihaknya telah berkonsultasi dengan KLHK untuk menentukan luasan lahan karst di Trenggalek dalam Ranperda RTRW. Ia mengaku, akan menampung masukan dari ART untuk dibahas dalam rapat pembahasan Ranperda itu.

Sebelumnya diketahui bahwa, Curiga ada kaitannya dengan kepentingan exploitasi tambang emas di Kabupaten Trenggalek, Aliansi Rakyat Trenggalek (ART) soroti penetapan luas lahan Karst pada perubahan Ranperda RTRW yang tengah dibahas oleh eksekutif dan legislatif. Mereka menuntut agar luasan karst tidak dikurangi dan dkembalikan sesuai luasan yang telah tentukan oleh kementerian LHK RI.