Beranda NEWS MOMENT Curiga Ada Kepentingan Tambang Emas, ART Soroti Lahan Karst Pada Ranperda RTRW...

Curiga Ada Kepentingan Tambang Emas, ART Soroti Lahan Karst Pada Ranperda RTRW Trenggalek

549

TRENGGALEK, bioztv.id – Curiga ada kaitannya dengan kepentingan exploitasi tambang emas di Kabupaten Trenggalek, Aliansi Rakyat Trenggalek (ART) soroti penetapan luas lahan Karst pada perubahan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang tengah dibahas oleh eksekutif dan legislatif.

Salah satu perwakilan ART menyampaikan, berdasarkan data yang ditetapkan  Badan Geologi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral, luasan lahan karst di Trenggalek seluas 4.492 hektare, dan tersebar di lima kecamatan. Data tersebut berbeda jauh dengan luasan yang terdata di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) seluas 53.506 hektare dan tersebar di 13 kecamatan. Perbedaan data dari dua Lembaga tersebut terjadi karena jenis dan system pendataan yang dilakukan kedua lembaga negara itu memang tak sama. Pada pendatan itu, Badan Geologi menetapkan karst yang dihitung berdasarkan aspek bebatuan saja.

Perwakilan ART, Suripto menjelaskan, dengan danya perbedaan data dari dua Lembaga Negara itu, pihaknya khawatir perbedaan data itu bakal menjadi celah untuk menyusutkan luas area karst pada perubahan Ranperda RTRW Trenggalek. Sehingga ART menuntut agar legislatif maupun eksekutif mengembalikan luasan Karst menjadi 53.506 hektare. Karena ini menyangkut komitmen kelestarian lingkungan

Suripto juga menambahkan, jika luasan lahan karst pada RTRW terus berkurang, pihaknya  curiga ada kaitannya dengan upaya memuluskan terhadap proses ekploitasi pertambangan emas di Kabupaten Trenggalek. Pasalnya, salah satu celah memuluskan pertambangan itu bisa dimulai dari perubahan RTRW ini.