Beranda NEWS Komisi 4 DPRD Trenggalek Kembali Soroti Outcome Pelatihan Kerja Disperinaker

Komisi 4 DPRD Trenggalek Kembali Soroti Outcome Pelatihan Kerja Disperinaker

160

TRENGGALEK, bioztv.id – Komisi 4 DPRD Trenggalek kembali pertanyakan hasil dari sejumlah pelatihan kerja yang dilakukan oleh dinas perindustrian dan tenaga kerja (Disperinaker) Kabupaten Trenggalek. Pasalnya, sejumlah pelatihan kerja yang sudah dilakukan dinilai belum bisa memberikan dampak yang signifikan terhadap masyarakat.

Menurut keterangan ketua komisi 4 DPRD Trenggalek, program kegiatan yang direncanakan oleh OPD dari tahun ke tahun  harus mempunyai progress yang jelas, sepertihalnya kegiatan pelatihan kerja yang digelar oleh Disperinaker itu juga harus mempunyai progres yang jelas, sehingga outcome atau hasilnya juga jelas, dan bisa memberikan manfaat positif bagi masyarakat.

Lebih lanjut Ketua Komisi 4 DPRD Trenggalek, Mugianto menjelaskan, Jika kegiatan  pelatihan kerja itu mempunyai progress yang jelas, nantinya juga bisa menjelaskan terhadap masyarakat terkait outcome dari pelatihan tersebut. Terlebih pada APBD perubahan tahun 2020 ini DIsperinaker juga masih merencanakan sejumlah kegiatan pelatihan kerja, sementara itu disaat pandemi seperti saat ini, juga banyak perusahaan yang justru merumahkan karyawannya.

Mugianto juga menambahkan, selain mengkritisi terkait outcome pelatihan kerja yang digelar Disperinaker ini, pihaknya juga mempertanyakan terkait mentor yang dilibatkan dalam pelatihan. Pasalnya, beberapa kegiatan selalu menggunakan mentor yang sama dengan alasan kelengkapan legalitas, sementara itu masih banyak beberapa kalangan yang dinilai mampu menjadi mentor namun belum memiliki legalitas lengkap. Sementara itu pihak DIsperinaker sendiri juga belum memberikan pembinaan khusus agar mereka juga bisa mendapatkan legalitas lengkap, seperti mentor yang sering digunakan Disperinaker.