Beranda NEWS Polemik Kelayakan Ganti Rugi Lahan Bendungan Bagong, Komisi 1 DPRD Minta Ada...

Polemik Kelayakan Ganti Rugi Lahan Bendungan Bagong, Komisi 1 DPRD Minta Ada Win Win Solution

292

TRENGGALEK, bioztv.id – Terima aduan warga terdampak bendungan bagong yang menuntut kelayakan nilai harga ganti rugi, Komisi 1 DPRD Trenggalek minta agar ada win win solution antar pihak. Sehingga proses pembangunan bendungan bagong  bisa dilaksanakan tanpa harus merugikan warga yang terdampak.

Menurut keterangan ketua komisi 1 DPRD Trenggalek, mengacu keluhan yang disampaikan oleh sejumlah perwakilan warga dan Kepala desa setempat, polemik yang terjadi saat ini sebenarnya hanya terkait kelayakan nilai ganti rugi saja, bukan penolakan proses pembangunan bendungan bagong. Mereka membandingkan nilai ganti rugi yang tidak sama antara pembangunan bendungan tugu yang ganti ruginya besar dan pembangunan bendungan bagong jauh dibawahnya. Padahal, pembangunan bendungan tersebut sama sama dilakukan di Kabupaten Trenggalek.

Lebih lanjut Ketua Komisi 1 DPRD Trenggalek, Mochamad Husni Tahir Hamid menyampaikan, Sebenarnya ada standart khusus untuk menilai harga ganti rugi lahan, sehingga harus ada pendalaman terkait hal ini.  Pihakya juga mengharapkan agar ada win win solution, artinya harus ada kejelasan dari pihak terkait kepada masyarakat. Seperti halnya setelah bangunan jadi nantinya masyarakat yang terdampak bisa mendapatkan apa, sehingga ganti rugi tidak hanya mengacu pada nominal lahan dan bangunan saja.

Sebeumnya diketahui bahwa, Sedikitnya ada sekitar 57 warga yang menuntut kelayakan harga ganti rugi ini. Karena sudah berulang kali melakukan audiensi dengan pihak terkait tidak menuai hasil, akhirnya memilih mengadukannya ke Komisi 1 DPRD Trenggalek. Warga meminta agar Komisi 1 turut mendampingi perjuangannya untuk mendapatkan kelayakan nilai ganti rugi.