Beranda NEWS MOMENT Jumlah Tempat Tidur RSUD Trenggalek Memenuhi Syarat Untuk Loncat Ke Tipe A...

Jumlah Tempat Tidur RSUD Trenggalek Memenuhi Syarat Untuk Loncat Ke Tipe A ?

242

TRENGGALEK, bioztv.id – Jumlah tempat tidur RSUD Dr.Soedomo Kabupaten Trenggalek sudah memenuhi persyaratan untuk loncat kelas dari Tipe C ke tipe A, namun dari segi sarana dan prasarana serta SDM masih belum memenuhi persyaratan naik ke tipe A, dan baru bisa memenuhi syarat untuk naik kelas ke tipe B.

Berdasarkan keterangan DIrektur RSUD Dr.Soedomo Kabupaten Trenggalek, jika mengacu Permenkes No.3 Tahun 2020, jumlah tempat tidud yang ada di RSUD memang sudah memenuhi syarat untuk naik ke tipe A, karena jumlah tempat tidurnya sudah ada 298, sedangkan batas minimal jumlah tempat tidur untuk naik tingkat ke tipe A adalah 250 tempat tidur. Namun untk bisa naik ke tipe A yang dihitung bukan hanya jumlah tempattidur saja, melainkan juga keterpenuhan penunjang lain, baik SDM, sarana prasarana, Perawat, Jumlah Dokter Spesialis dan ain sebagainya.

Lebih lanjut Direktur RSUD Dr.Soedomo Trenggalek, dr.Sunarto menyampaikan, Dengan kondisi RSUD saat ini yang masih tipe C, jika harus loncat ke tipe A dinilai cukup berat. Berkaca dari kondisi saat ini, dalam waktu dekat pihaknya akan mengurus kenaikan tipe RSUD dari tipe C ke tipe B terlebih dahulu. Pihaknya akan merubah julah structural yang saat ini hanya ada 9, akan dirubah menjadi 25 struktural yang terdiri dari satu direktur, dua wakil direktur, 3 bagian, dan tiga bidang.

Sunarto juga menambahkan, dengan dilakukannya kenaikan kelas RSUD sesuai kondisi terkini, yaitu dari Tipe C ke Tipe  B, pihaknya berharao nantinya bisa memberikan pelayanan yang saat ini belum bisa diberikan terhadap masyarakat. Pihaknya mencontohkan jika sebelumnya pasien harus dirujuk, nantinya tidak perlu lagi ada rujukan karena SDM dan fasilitasnya sudah terpenuhi.