Beranda NEWS Komisi II DPRD Trenggalek, Pada KUA PPAS 2021 Belanja Daerah Akan Terbagi...

Komisi II DPRD Trenggalek, Pada KUA PPAS 2021 Belanja Daerah Akan Terbagi Menjadi 4 Bagian

131

TRENGGALEK, bioztv.id – Sesuaikan dengan permendagri Nomor 64, penyusunan belanja daerah pada Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Tahun 2021 akan mengalami perubahan. Belanja daerah yang sebelumnya hanya terbagi menjadi 2 bagian, akan berubah menjadi 4 bagian.

Berdasarkan keterangan ketua komisi 2 DPRD Trenggalek, sejumlah kebijakan pemerintah pusat yang mempengaruhi proses penyusunan KUA PPAS tahun 2021 ini adalah Permendagri Nomor 64 tahun 2020,  PP Nomor 12 tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, dan Permendagri Nomor 90 tahun 2019 tentang Klasifilasi, Kodefikasi dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah.

Lebih lanjut Ketua Komisi 2 DPRD Trengalek, Pranoto menjelaskan, Mengacu sejumlah kebijakan tersebut, nantinya struktur APBD tahun 2021 juga akan mengalami perubahan, khususnya belanja daerah yang semula hanya terbagi menjadi dua kelompok besar yaitu belanja tidak langsung dan belanja langsung. NAntinya akan terbagi menjadi 4 kelompok, yaitu belanja operasi, belanja modal, belanja transfer dan belanja tidak terduga.

Pranoto juga menambahkan, Proses pembahasan KUA-PPAS ini akan menjadi pijakan awal dari penyusunan  APBD tahun 2021. Hal ini memang berbeda dengan tahun tahun sebelumnya, karena dari Dari asumsi ada kenaikan belanja, namun dari PAD hampir sama dengan tahun 2020. Komisi 2 juga menekankan agar kebijakan yang tertuang pada peremendagri 64 tahun 2020 itu juga diimplementasikan oleh masing masing OPD. Sehingga proses pemulihan ekonomi bisa berjalan secara maksimal.