Beranda NEWS MOMENT Sambut HUT Kemerdekaan Ditengah Pandemi, 4 SMP Di Trenggalek Mulai Belajar Tatap...

Sambut HUT Kemerdekaan Ditengah Pandemi, 4 SMP Di Trenggalek Mulai Belajar Tatap Muka

1019

TRENGGALEK, bioztv.id – Sambut HUT Kemerdekaan RI ke 75, sejumlah seklah menengah pertama (SMP) di Kabupaten Trenggalek mulai menggelar sistem pembelajaran tatap muka dengan metode bauran atau mixed learning. Melalui metode ini diharapkan antara pendidikan dan  protokol kesehatan bisa dijalankan.

Sedikitnya sudah ada 4 SMP di Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek yang sudah memulai pendidikan tatap muka di sekolah.  Dengan cara menerapkan metode mix learning atau bauran, nantinya akan ada satu rombongan belajar (rombel) yang dibagai menjadi beberapa kelompok dengan masing-masing 10 siswa. Dalam satu hari, satu kelompok akan mengikuti pembelajaran tatap muka di dalam kelas, sementara kelompok lainnya secara daring dari rumah.

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin menyampaikan, untuk saat ini, metode pembelajaran bauran baru akan dimulai di sekolah setingkat SMP di Kecamatan Watulimo. Kemudian akan dilakukan evaluasi dalam dua minggu ke depan, di mana Dinas Kesehatan akan melakukan sampling, baik swab maupun rapid test. Jika tidak ditemukan cluster atau kasus baru dari sektor pendidikan maka akan diperluas di sekolah-sekolah lain di seluruh Kecamatan di Kabupaten Trenggalek.

Nur Arifin juga menambahkan, Sebenarnya tujuan dari diterapkannya pendidikan secara tatap muka dengan metode mix learning ini ada dua, yakni untuk memastikan bahwa pendidikan inklusif bisa diterima oleh semua lapisan masyarakat. Dan yang  kedua agar protokol kesehatan bisa terealisasi bagi peserta didik.