Beranda NEWS MOMENT Pansus 1 DPRD Trenggalek Minta Pengelolaan Limbah Tambak Udang Segera Ditertibkan

Pansus 1 DPRD Trenggalek Minta Pengelolaan Limbah Tambak Udang Segera Ditertibkan

191

TRENGGALEK, bioztv.id – Antisipasi pencemaran lingkungan dari limbah tambak udang, Pansus 1 DPRD Trenggalek meminta pihak terkait tertibkan tambak udang yang tidak mengelola limbahnya dengan baik.  Terlebih, mayoritas tambak udang tersebut lokasinya berdekatan dengan kawasan pariwisata yang harus dijaga kebersihannya.

Dari hasil peninjauan pansus 1 DPRD Trenggalek terkait kesesuaian perda RTRW dengan kondisi terkini dikawasan wisata dan daerah pesisir Trenggalek, pihaknya turut menyoroti keberadaan limbah tambak udang di Kabupaten Trenggalek. Tambak udang tersebut tersebar di sejumlah lokasi, seperti halnya di Kecamatan Watulimo, Kecamatan Munjungan dan Kecamatan Panggul.

Ketua Pansus 1 DPRD Trenggalek, Sukarudin menjelaskan, menurutnya pengelolaan limbah tambak udang harus segera ditertibkan. Jika tidak segera ditertibkan, pihaknya khawatir akan terjadi pencemaran lingkungan yang lebih parah, seperti yang terjadi di kawasan pesisir Pantai Utara.

Perlu diketahui bahwa, lanjutnkan tahapan pembahasan rancangan peraturan daerah (Ranperda) terkait perubahan RTRW Kabupaten Trenggalek, Pansus 1 DPRD Trenggalek masih terus melakukan peninjauan langsung ke lapangan, untuk memastikan kesesuaiannya dengan kondisi terkini. Dari hasil peninjauan tersebut juga ditemukan sejumlah kendala, seperti halnya status kepemilikan lahan warga yang masih masuk dalam peta lahan perhutani, hingga sejumlah tempat usaha yang lokasinya tidak sesuai dengan peruntukan yang tercantum dalam RTRW.