Beranda NEWS MOMENT Era New Normal, Pengguna Jasa Rumah Potong Hewan (RPH) Di Trenggalek Masih...

Era New Normal, Pengguna Jasa Rumah Potong Hewan (RPH) Di Trenggalek Masih Minim

229

TRENGGALEK, bioztv.id – Memasuki era new normal dan menjelang hari raya idul adha, pengguna jasa rumah potong hewan (RPH) di Kabupaten Trenggalek masih minim. Meski demikian petugas memprediksi akan terjadi peningkatan peminat pada saat perayaan hari raya kurban mendatang.

Menurut keterangan Kepala UPTD RPH Kabupaten Trenggalek, pada hari hari biasa sebelu terjadi pandemic corona, setiap hari selalu ada warga yang menggunakan jasa RPH milik pemerintah ini, namun semenjak terjadi pandemic covid-19, penggunanya merosot drastis. Meski demikian semenjak diberlakukannya tatanan new normal sudah ada 2 sapi yang disembelih di RPH ini.  Saat melakukan penyembelihan, petugas juga melengkapi diri dengan alat pelindung diri (APD) lengkap.

Lebih lanjut Kepala UPTD RPH Kabupaten Trenggalek Sigit Agus Windarto, menyampaikan, Mengingat hari raya idul adha tahun ini juga masih berada pada masa pandemic corona, pihaknya berharap agar masyarakat yang akan menyembelih hewan kurban dibawa ke RPH, hal tersebut dimaksudkan agar tidak terjadi kerumunan warga, dan bisa tertib protokol kesehatan.

Sigit juga menambahkan, di RPH sendiri sebelum hewan di sembelih akan dilakukan pengecekan kesehatan, produktif tidaknya hewan tersebut, dan pengecekan daging hewan yang disembelih agar bisa diketahui apakah daging tersebut ada penyakitnya atau tidak. Pengecekan kesehatan dan daging hewan ini dilakukan sebagai antisipasi terjadinya penyebaran penyakit menular dari hewan ternak, seperti halnya penyakit antrak.