Beranda NEWS MOMENT Tinjau Industri Genteng Trenggalek, Bacawabup Pendamping M Nur Arifin Terima Keluhan Pengrajin

Tinjau Industri Genteng Trenggalek, Bacawabup Pendamping M Nur Arifin Terima Keluhan Pengrajin

314

TRENGGALEK, bioztv.id – Tinjau industri genteng di Desa Kamulan, Kecamatan Durenan, salah satu anggota DPRD Trenggalek dari Fraksi PKB yang sekaligus sebagai bakal calon wakil Bupati Pendamping petahana, terima sejumlah keluhan dari pengrajin. Selama ini mereka mengaku masih terkendala dalam proses pemasaran.

Menurut bakal calon wakil bupati yang diusung PDI Perjuangan Trenggalek, Syah M Natanegara menyampaikan Produksi genteg kamulan ini mempunyai potensi besar untuk berkembang, namun mereka masih memiliki kendala dalam hal pemasaran dan pengelolaan yang kurang maksimal, karena industri disana masih terbilang konservatif. Sehingga perlu adanya sentuhan management sesuai perkembangan era saat ini.

Salah satu pemilik industri genteng, Mahmudi menjelaskan, Genting buatannya ini hanya dipasarkan secara konvensional. Yaitu sekadar menunggu pembeli yang  datang langsung ke lokasi. Selama ini cakupan konsumen yang memesan produk genteng miliknya meliputi wilayah Trenggalek dan sekitarnya. Seperti Nganjuk, Kediri, hingga Malang.

Mahmudi juga menyampaikan, Selama pandmei corona ini para perajin genteng di Kamulan juga mengeluhkan akibat menurunnya permintaan dan anjloknya harga genteng yang menurun drastis. Ketika harga tinggi, genteng produksi industri di Kamulan ini bisa laku hingga 2.000 rupiah per biji. Sedangkan sejak sekitar lima bulan belakangan ini, nilainya turun drastis menjadi antara 1.400 rupiah hingga 1.500 rupiah per biji.