Beranda NEWS MOMENT Sejumlah Kegiatannya Menjadi Temuan BPK, Dinas PUPR Trenggalek Akhirnya Angkat Bicara

Sejumlah Kegiatannya Menjadi Temuan BPK, Dinas PUPR Trenggalek Akhirnya Angkat Bicara

227

TRENGGALEK, bioztv.id – Sejumlah kegiatan pada tahun 2019 lalu menjadi temuan badan pemeriksa keuangan (BPK) RI, dinas pekerjaan umum dan penataan ruang (PUPR) Kabupaten Trenggalek akhirnya angat bicara, pihaknya mengakui ada beberapa kegiatan yang kurang tepat dan beberapa diantaranya sudah diselesaikan.

Mengacu evaluasi yang dilakukan komisi 1 DPRD Trenggalek terhadap laporan hasil pemeriksaan (LHP) BPK RI terhadap sejumlah kegiatan yang ada di dinas PUPR, ditemukan sejumlah catatan yang harus segera diselesaikan, beberapa diantaranya yang paling menonjol adalah terkait anggaran konsultan sebesar lebih dari 2 Miliar Rupiah, pada kegiatan pembangunan sejumlah gedung baru, seperti halnya gedung di BKD dan gedung kantor Dinas Sosial. Pasalnya, kegiatan tersebut penganggarannya terpisah antara anggaran konsultan dan anggaran pembangunan gedung, sementara itu sesuai peraturan yang berlaku seharusnya biaya konsultan menjadi bagian dari belanja modal, yaitu satu kesatuan dengan anggaran pembangunan gedung tersebut.

Menanggapi hal ini, Kepala dinas PUPR Kabupaten Trenggalek, Ramelan menyampaikan, pihaknya mengakui ada beberapa kegiatan yang kurang tepat, hal tersebut terjadi karena adanya perubahan perpu yang mengatur standart barang dan jasa. MEski demikian pihaknya sudah mengembalikan anggaran tersebut.

Ramelan juga menjelaskan, Untuk temuan BPK yang lain, seperti halnya terkait DED sejumlah bangunan yang direncanakan, pihaknya juga sudah menindaklanjuti sesuai dengan petunjuk BPK. Dengan adanya temuan BPK ini, pihaknya akan menjadikannya sebagai bahan evaluasi untuk kegiatan pada tahun tahun berikutnya.