Beranda NEWS Menjadi Temuan BPK, Dinas PUPR Trenggalek Harus Kembalikan Aanggaran Konsultan 2 M...

Menjadi Temuan BPK, Dinas PUPR Trenggalek Harus Kembalikan Aanggaran Konsultan 2 M ?

358

TRENGGALEK, bioztv.id – Proses penganggarannya diduga tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku, anggaran konsultan untuk pembangunan sejumlah gedung baru di Kabupaten Trenggalek menjadi temuan badan pengawas keuangan (BPK) RI. Akibatnya, dinas PUPR harus mengembalikan anggaran tersebut.

Menurut keterangan ketua komisi 1 DPRD Trenggalek, sesuai laporan hasil pemeriksaan (LHP) BPK terhadap APBD Kabupaten Trenggalek tahun 2019. Meski hasil audit BPK menunjukkan hasil wajar tanpa pengecualian (WTP), namun masih ada sejumlah temuan yang harus segera ditinak lanjuti. Beberapa diantaranya terkait anggaran konsultan sebesar lebih dari 2 Miliar Rupiah, untuk kegiatan pembangunan sejumlah gedung baru, seperti halnya gedung di BKD dan gedung kantor Dinas Sosial. Pasalnya, kegiatan tersebut penganggarannya terpisah antara anggaran konsultan dan anggaran pembangunan gedung, sementara itu sesuai peraturan yang berlaku seharusnya biaya konsultan menjadi bagian dari belanja modal, yaitu satu kesatuan dengan anggaran pembangunan gedung tersebut.

Lebih lanjut Ketua Komisi 1 DPRD Trenggalek, Mochamad Husni Tahir Hamid menyampaikan, Akibat hal ini, dinas pekerjaan umum dan penataan ruang (PUPR) Kabupaten Trenggalek harus mengembalikan anggaran konsultan tersebut senilai lebih dari 2 Miliar Rupiah. Sehingga pihaknya juga meminta agar Inspektorat segera menindaklanjuti hal ini agar dinas PUPR segera menyelesaikan kewajibanya tersebut.

Sebelumnya diketahui bahwa, Pemerintah Kabupaten Trenggalek kembali raih Opini WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2019. Opini WTP ini merupakan WTP ke-4 yang diraih oleh Pemerintah Kabupaten Trenggalek selama empat tahun terakhir secara berturut-turut. MEski demikian BPK juga menemukan sejumlah kegiatan yang harus segera ditindaklanjuti.