Beranda NEWS MOMENT Mulai Ada Transmisi Lokal, Pasien Corona Di Trenggalek Melonjak & Terjadi Secara...

Mulai Ada Transmisi Lokal, Pasien Corona Di Trenggalek Melonjak & Terjadi Secara Sporadis

966
BERBAGI

TRENGGALEK, bioztv.id –  Jumlah pasien terkonfirmasi positif corona di Kabupaten Trenggalek mengalami lonjakan. Selain berasal dari cluster pemudik, pasien tersebut juga berasal dari transmisi lokal yang terjadi secara sporadis. Pasien baru dari transmisi lokal ini mayoritas keluarga dan saudara dari pasien yang sudah menjalani isolasi.

Menurut keterangan Bupati Trenggalek, Pasien dari  transmisi lokal ini merupakan transmisi lokal pertama kali di Trenggalek, meski belum membentuk sebuah cluster, namun penularan ini terjadi secara sporadic di beberapa titik secara hampir bersamaan. Cluster transmisi lokal ini pertama kali ditemukan pada pasien 46, warga Desa Ngares Kecamatan Trenggalek, yang merupakan istri dari pasien 34. Selain itu juga ada pasien 47 dan pasien 48, Warga Desa Sumberingin Kecamatan Karangan,  yang diduga tertular dari pasien 39.

Lebih lanjut Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin menyampaikan, Ada satu lagi keluarga pasien yang akhirnya positif terkonfirmasi positif corona, yaitu pasien 44 dan pasien 45, yang merupakan istri dan anak dari pasien 36, namun pihaknya menilai tidak termasuk dari transmisi lokal. Karena sebelumnya yang bersangkutan juga ikut bepergian keluar kota bersama  pasien 36, hingga akhirnya diketahui positif terkonfirmasi covid-19.

Bupati juga kembali mengingatkan kepada warganya untuk tetap berhati-hati terhadap pandemi ini, pasalnya wabah Virus Corona di era new normal ini belum hilang. Pihaknya juga berpesan agar seluruh masyarakat menaati protokol kesehatan yang ada, seperti halnya rajin cuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, dan tidak bepergian jika memang untuk kepentingan yang mendesak atau urusan pekerjaan.