Beranda NEWS Maksimalkan Penindakan Perda, Komisi 1 Minta Satpol-PP Trenggalek Tingkatkan SDM

Maksimalkan Penindakan Perda, Komisi 1 Minta Satpol-PP Trenggalek Tingkatkan SDM

177

TRENGGALEK, bioztv.id – Maksimalkan kinerja Satpol-PP dalam upaya penindakan peraturan peraturan daerah (Perda), Komisi 1 DPRD Trenggalek minta agar Satpol-PP lebih focus dalam upaya peningkatan SDM. Khusunya pemahaman terhadap perda perda baru maupun perda lama yang masih berlaku hingga saat ini.

Mengacu keterangan ketua Komisi 1 DPRD Trenggalek, untuk bisa menegakkan peraturan daerah (perda) secara maksimal, Satpol-PP wajib melek hukum, yaitu harus mengerti dan faham betul terhadap perda perda Kabupaten Trenggalek yang harus ditegakkan. Jika mereka tidak faham dengan perda perda tersebut, maka penegakan perda juga tidak bisa berjalan secara maksimal.

Lebih lanjut ketua komisi 1 DPRD Trenggalek, Mochamad Husni Tahur Hamid menjelaskan, pihaknya mencontohkan pada proses penertiban reklame, jika Satpol PP tidah faham hukum dan tidak mau membaca perda yang mengatur terkait hal tersebut, maka ia juga tidak tahu secara pasti kapan harus menertibkan reklame maupun reklame mana yang seharusnya ditertibkan.

Selain mendorong Satpol PP Trenggalek untuk meningkatkan SDM nya, Komisi 1 DPRD Trenggalek juga sempat mempertanyakan proses penyerapan anggaran yang ada di Satpol PP, pasalnya, mengacu Silpa yang ada, penyerapan anggaran kegiatan yang ada Satpol PP harus ditingkatkan, sehingga angka Silpa juga bisa lebih ditekan.