Beranda NEWS Sempat Terdampak Pandemi Corona, DPRD Trenggalek Akhirnya Paripurnakan LPJ APBD 2019

Sempat Terdampak Pandemi Corona, DPRD Trenggalek Akhirnya Paripurnakan LPJ APBD 2019

174
BERBAGI

TRENGGALEK, bioztv.id – Prosesnya sempat terdampak pandemic covid-19, nota lembar pertanggung jawaban (LPJ) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Trenggalek tahun 2019, akhirnya disampaikan dalam rapat paripurna di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Trenggalek.

Salah satu kendala proses penyampaian LPJ APBD tahun 2019 akibat pandemi corona ini adalah,  molornya hasil audit dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI, yang seharusnya sudah keluar sejak awal bulan Juni lalu, akhirnya baru keluar pada beberapa hari kemarin. Akibatnya, proses penyusunan nota LPJ APBD 2019 juga ikut molor. Beruntung  hasil dari audit BPK menyebutkan bahwa APBD 2019 meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), sehingga DPRD Treggalek  tidak perlu lagi membentuk panitia khusus (pansus) untuk mendalami hasil audit BPK tersebut.

Ketua DPRD Kabupaen Trenggalek, Samsul Anam menyampaikan, Setelah LPK APBD diterima, sesuai dengan amanah undang-undang, pada masa satu bulan kedepan badan anggaran (Banggar) DPRD berserta Komisi akan fokus membahas LPJ tersebut. Nantinya juga akan ada rapat komisi dengan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, untuk membahas LPJ tersebut.

Samsul Anam juga menambahkan, Setelah itu nantinya juga ada rapat Banggar yang akan membahas hasil rapat komisi, guna membahasnya kembali dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD). Jika dalam rapat rapat tersebut sudah disetujui, maka Banggar akan membawa pembahasan LPJ tersebut ke paripurna berikutnya untuk disahkan.