Beranda NEWS MOMENT Hajatan Era New Normal, Dalam Setiap Harinya Satu Desa Hanya Boleh Ada...

Hajatan Era New Normal, Dalam Setiap Harinya Satu Desa Hanya Boleh Ada Satu Hajatan

751

TRENGGALEK, bioztv.id – Matangkan protokol kesehatan untuk kegiatan hajatan masyarakat, Bupati Trenggalek kembali ungkapkan sejumlah protokol kesehatan yang harus dipenuhi. Saat ini protokol tersebut juga sudah mulai disimulasikan oleh sejumlah vendor, sebagai acuan pelaksanaan hajatan new normal.

Sejumlah protokol kesehatan saat menggelar hajatan yang harus dipatuhi ini antara lain, terkait jumlah tamu yang datang, yaitu dibatasi per satu waktu dan satu ruangan maksimal hanya boleh ada tamu sejumlah 30 orang. Selain itu pelaksanaannya juga tidak boleh bersamaan, maksimal dalam satu desa, untuk satu hari hanya ada 1 hajatan yang diperbolehkan digelar. Hal tersebut dimaksudkan agar tim gugus tugas yang ada di tingkat desa bisa lebih mudah dalam melakukan pengawasan.

Menanggapi hal ini, Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin menyampaikan, untuk vendor pengisi yang acara yang boleh diguanakan hanya dari vendor lokal saja. Saat acara digelar juga tidak diperkenankan ada makan makan ditempat, sehingga makanan untuk tamu harus dibungkus dan dibawa pulang. Sementara itu apabila pasangan pengantin tersebut berasal dari luar kota, maka diwajibkan melakukan rapid test terlebih dahulu.

Bupati juga menambahkan, saat hajatan tersebut digelar, selain harus mematuhi protokol kesehatan yang khusus untuk kegiatan hajatan, protokol kesehatan secara umum juga tetap harus patuhi. Seperti halnya harus  menjaga jarak, menggunakan masker, dan mencuci tangan atau menggunakan cairan hand sanitizer. Selain itu juga tak ada acara foto bersama dilokasi hajatan.