Beranda NEWS MOMENT Dindikpora Trenggalek Pastikan Dana BOS & BOP Paud Bisa Untuk Belanja Alat...

Dindikpora Trenggalek Pastikan Dana BOS & BOP Paud Bisa Untuk Belanja Alat Protokol kesehatan

60

TRENGGALEK, bioztv.id – Menjelang tatanan New Normal, Dinas pendidikan pemuda dan olahraga (Dindikpora) Kabupaten Trenggalek pastikan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) bisa untuk belanja kebutuhan pendukung protokol kesehatan.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 19 Tahun 2020 tentang Perubahan Petunjuk Teknis BOS dan Permendikbud Nomor 20/2020 tentang Perubahan Petunjuk Teknis BOP PAUD dan Kesetaraan di masa kedaruratan Covid-19. Menyebutkan bahwa dana tersebut dapat digunakan untuk pembelian pulsa, paket data dan atau layanan pendidikan daring berbayar bagi pendidik dan atau peserta didik dalam rangka pelaksanaan pembelajaran dari rumah. Selain itu dana BOS serta BOP PAUD juga dapat digunakan untuk pembelian cairan atau sabun pembersih tangan atau pembasmi kuman, desinfektan, masker atau penunjang kebersihan dan kesehatan lainnya termasuk alat pengukur suhu tubuh tembak (thermogun).

Kepala Dindikpora Kabupaten Trenggalek, Totok Rudijanto Menyampaikan, aturan penggunaan dana BOS maupun BOP Paud tersebut sudah jelas dan ada petunjuknya, sehingga penggunaan dana untuk BOS maupun BOP Paud untuk membeli kebutuhan peralatan protokol kesehatan tersebut memang dipebolehkan.

Totok juga menyampaikan, menjelang penerapan New Normal dilingkungan sekolah ini, pihaknya masih terus mematangkan persiapan persiapan yang harus dipenuhi oleh masing masing sekolah. Hingga saat ini pihaknyajuga sudah berulang kali melakukan rapat dengan jajarannya, baik rapat secara langsung, maupun rapat melalui daring dengan beberapa sekolah di Trenggalek.